Kegiatan linik penulisan proposal PKM merupakan salah satu kegiatan yang mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja keras, produktif, dan berdaya saing tinggi
Ambon (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku mengasah kreativitas mahasiswa lewat klinik penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNas).

"Kegiatan linik penulisan proposal PKM merupakan salah satu kegiatan yang mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja keras, produktif, dan berdaya saing tinggi," ucap Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Alumni, Dr Nur Aida Kubangun di Ambon, Senin.

Baca juga: Unpatti-BPS kerja sama tingkatkan mutu Program Studi Statistika

Menurut Nur Aida, PKM mendorong mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berfikir, mendapatkan pengalaman praktis, dan kesempatan untuk mengembangkan diri.

"Apalagi Program Kreativitas Mahasiswa menjadi salah satu fokus Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik untuk mendorong capaian prestasi mahasiswa dan upaya memperkuat kualitas proposal PKM," ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini juga sekaligus mendukung visi dan misi Rektor Unpatti, yakni menjadikan Unpatti Unggul, Bersinar, Menuju World Class University.

"Dimana melalui kegiatan ini dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional, dan tentunya dengan dukungan semua pihak baik dosen maupun orang tua,” kata dia.

Baca juga: Unpatti buka program Magister PPKN tingkatkan mutu pendidikan

Sementara itu Ketua Tim Pengelola Klinik Progam Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik, Reiko Siahainenia mengatakan, Klinik Proposal PKM 2024 yang dilaksanakan ini merupakan tindaklanjut dari upaya sistematis yang dilakukan untuk menghimpun proposal PKM, memperbaiki/merevisi, dan kemudian mendorong untuk mengunggah proposal yang berkualitas pada website Belmawa DIKTI.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam membuat proposal PKM. Puncak dari upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan lomba Penulisan proposal PKM dan diikuti oleh 32 kelompok PKM yang berlangsung sejak 26 November 2023 hingga 14 Januari 2024.

"Pelaksanaan penilaian proposal sendiri telah dilakukan secara teliti dan komprehensif sejak 9 -16 Januari 2024 oleh tim juri," tuturnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas proposal mahasiswa dan kepada para pemenang untuk terus menggali ide yang inovatif dan kreatif sehingga proposal yang dibuat dapat lolos ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional.

Baca juga: Unpatti beri penghargaan mahasiswa juara lomba karya tulis nasional

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024