Banda Aceh (ANTARA) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie, Aceh telah menuntaskan pendistribusian 7.030 kotak surat suara dari dua tahapan penyaluran untuk 23 kecamatan di kabupaten setempat.

“Kami sudah tuntas mendistribusikan 7.030 kotak suara selama dua hari sejak Minggu (11/2),” kata Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KIP Pidie, Edi Kurniawan, di Pidie, Senin.

Dirinya menyampaikan, semua kotak suara yang telah disalurkan ke 23 kecamatan tersebut segera disebarkan ke 730 gampong (desa) dengan penempatan di 1.406 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari kecamatan, pembagian selanjutnya menuju desa atau TPS dilakukan menjelang hari H pemilu yakni 14 Februari 2024 nanti.

“Itu tergantung nantinya disalurkan malam hari atau menjelang Subuh hari H, yang penting pagi pukul 07.00 WIB saat pencoblosan kotak suara sudah ada di TPS,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pengiriman logistik ke 23 kecamatan dibagi dua tahapan yakni hari Minggu (11/2) meliputi Peukan Baro, Simpang Tiga, Mutiara, Mutiara Timur, Glumpang Tiga, Glumpang Baro, Kembang Tanjong, Pidie, Grong Grong dan Kecamatan Mila.

Tahapan selanjutnya, meliputi Kecamatan Batee, Geumpang, Mane, Keumala, Tangse, Delima, Titeu, Sakti, Tiro, Muara Tiga, Kota Sigli dan Padang Tiji.

Pendistribusian menggunakan sejumlah truk dengan pengawalan pihak keamanan dan pengawasan dari Bawaslu Pidie.

“Pendistribusian kotak suara tidak ada kendala dan berjalan lancar untuk 23 kecamatan meskipun dilakukan dalam dua tahap,” demikian Edi Kurniawan.
Baca juga: KIP Aceh Besar distribusikan logistik Pemilu 2024 ke Pulau Aceh
Baca juga: KIP Simeulue prioritaskan distribusi logistik pemilu ke TPS terluar
Baca juga: KIP: Distribusi logistik pemilu ke pedalaman Aceh Timur gunakan sampan

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024