Surabaya (ANTARA) - Penjaga gawang Persebaya Surabaya Ernando Ari Sutaryadi mulai menjalani latihan meskipun terpisah dan mengaku ingin segera merumput kembali bersama rekan-rekannya.

"Ernando sudah jauh lebih baik. Gerakannya sudah mulai membaik dan dia juga merasa baik-baik saja. Dia sudah berlatih di sini bersama teman-teman juga," kata Pelatih Kepala Persebaya Surabaya Paul Munster usai memimpin latihan tim di Lapangan C Stadion GBT Surabaya, Senin.

Munster menyebut bahwa Ernando setiap hari berjuang agar dapat pulih dengan latihan dan tentu diawasi oleh dokter.

"Jadi dia berangsur membaik selangkah demi selangkah, hari demi hari Ernando berjuang. Saya selalu berkomunikasi dengan dia dan dia merasa baik-baik saja dan tersenyum," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Baca juga: Kondisi fisik pemain Persebaya tetap terjaga setelah melewati liburan

Selain itu, pelatih asal Irlandia Utara tersebut juga memuji mental kuat yang dimiliki penjaga gawang asal Semarang itu.

"Jadi mudah-mudahan dia kembali. Dia ingin segera kembali karena dia memiliki mentalitas yang bagus, jadi dia ingin segera bermain bersama tim," tutur mantan Direktur Teknik Tim Nasional Brunei Darussalam itu.

Sebelumnya, penjaga gawang Persebaya Ernando Ari Sutaryadi mengalami benturan dengan pemain Bhayangkara FC Luis Marcelo Herrera pada menit ke-87.

Berawal dari tendangan bebas yang diambil oleh Mathias mengarah ke tiang jauh sebelah kanan gawang Persebaya, Ernando yang tak ingin gawangnya kebobolan mencoba menangkap bola itu. Sayang bola tak tertangkap malah berbenturan dengan Herrera.

Pertandingan sempat terhenti beberapa menit, karena tim medis Persebaya harus memeriksa kondisi dari penjaga gawang kelahiran Februari 2002 itu.

Pelatih kiper Persebaya Benyamin Van Breukelen setelah mengecek kondisi bersama tim dokter mengisyaratkan dengan membuat gerakan isyarat tangan pergantian pemain.

Bahkan, usai pertandingan, Munster memprediksi penjaga gawang andalan Tim Nasional Indonesia itu akan menepi hingga dua minggu untuk memulihkan kondisi bahunya.

Baca juga: Persebaya Surabaya bakal gelar uji coba guna mantapkan performa

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024