Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengoptimalkan penyelenggaraan cabang olahraga yang akan menjalani pertandingan ekshibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara.

PON 2024 selain mempertandingkan 33 cabang olahraga di Aceh dan 34 di Sumatera Utara, juga akan menyelenggarakan delapan pertandingan ekshibisi.

“Ekshibisi PON XXI kali ini harus optimal, oleh karenanya koordinasi kepada Panwasrah sesuai dengan daerah yang dipertandingkan menjadi penting mengingat waktu yang semakin singkat,” kata Sekjen KONI Pusat Lukman Djajadikusuma dilansir dari keterangan resmi KONI, Selasa.

Seluruh cabang yang ikut ekshibisi harus mempersiapkan kebutuhan masing-masing dengan sebaik mungkin, persiapan yang dimaksud mulai dari venue atau tempat, jadwal pasti agar tidak bentrok dengan jadwal cabang lainnya, jumlah provinsi yang ikut hingga jumlah nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Skateboard dipertandingkan di PON Aceh-Sumut 2024 sebagai ekshibisi

Meskipun bersifat ekshibisi, namun Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman berpesan agar penyelenggaraan pertandingan dapat sukses dan muncul atlet-atlet berprestasi dari seluruh kontingen.

“Seluruh persiapan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, mulai dari penyelenggaraan yang melibatkan ofisial dengan kualifikasi tertentu dan juga atlet-atlet yang dipersiapkan maksimal oleh masing-masing Pengurus Provinsi cabor," ujar Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Baca juga: Ketum KONI Pusat sampaikan perkembangan PON 2024 kepada Menpora Dito

Marciano juga berharap ke depannya penyelenggaraan ekshibisi PON 2024 dapat menarik minat masyarakat untuk memberikan nilai tambah bagi sport tourism

"Diharapkan juga, pertandingan cabang olahraga mampu mengundang masyarakat sehingga memberikan nilai tambah bagi sport tourism,” kata Marciano.

Delapan pertandingan ekshibisi PON 2024 diantaranya ice skating, padel, teqball, floorball, pickleball, mix martial art / beladiri campuran, bola tangan pantai dan berkuda horseback archery.

Baca juga: Floorball akan masuk dalam kalender ekshibisi PON 2024
Baca juga: Bertemu Menpora, Penjabat Gubernur Aceh bahas PON Aceh-Sumut 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024