Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan perkembangan Pekan Olahraga Nasioanal (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.
 
Dalam pertemuan di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Jakarta, pada Rabu, KONI Pusat juga menyampaikan program kerja tahun 2024.

“Aceh sudah sangat gembira karena Kementerian PUPR sudah menandatangani 14 venue. Sumut dalam kondisi yang juga siap, Pak Gubernur berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan persiapan,” kata Ketum KONI Pusat Marciano Norman.
 
Dijelaskan oleh Ketum KONI Pusat beberapa rangkaian yang PON XXI Aceh-Sumut yang sudah dilaksanakan, antara lain Launching logo dan maskot, Countdown event, Bimbingan teknis (Bimtek) bidang-bidang Panwasrah, Rasionalisasi anggaran, Technical Delegate (TD) meeting dan Chef de Mission (CdM) Meeting pertama di Aceh dan Sumut.
 
Di samping PON, KONI Pusat juga sampaikan beberapa multievent tambahan. KONI Pusat sendiri sudah berhasil menyelenggarakan multievent khusus olahraga bela diri pada tahun ini, yakni Pekan Olahraga Bela Diri Nasional atau Indonesia Martial Art Games (IMAG) I Tahun 2023 di Bogor dan Bekasi.
 
Adapun KONI tengah siapkan tahun 2024 antara lain, Pekan Olahraga Pantai Nasional, Pekan Olahraga Indoor, PON Remaja.

“Cabor antusias menghadapi ini karena kalau PON empat tahun sekali, beberapa kompetisi ini setiap dua tahun. Merujuk IMAG 2023, kami mengajukan Kabupaten/Kota sebagai tuan rumah,” terang Marciano.

Marciano berharap KONI Pusat ke depannya lebih berperan dalam menyelenggarakan agenda multievent yang telah direncanakan sejauh ini.
 
“Kami harapkan ke depan KONI Pusat dapat lebih berperan,” tandas Marciano.
 
Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi kesiapan KONI Pusat. Tahap berikutnya adalah pembahasan teknis dengan pejabat terkait.

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023