Ini sangat berbeda dalam banyak hal dan sebagian besar bagiannya telah berubah
Jakarta (ANTARA) - Tim balap Aston Martin membawa sejumlah penyegaran dari sisi desain hingga teknis untuk mobil terbaru mereka musim ini, AMR24, yang akan menjadi tunggangan Fernando Alonso dan Lance Stroll pada Formula 1 musim 2024.

Pemimpin Tim Aston Martin Mike Krack mengatakan, sejumlah pembaruan teknis pada AMR24 diharapkan bisa membuat tim menjadi salah satu yang paling kompetitif di awal musim, sama seperti mobil pendahulunya, AMR23, yang menjadi penantang terdekat Red Bull di beberapa balapan pertama Formula 1 2023.

“Kami telah mencoba untuk fokus pada semua area dari pendahulu kami, AMR23, yang mengalami musim yang hebat dan penuh hal positif pada tahun lalu,” kata Krack, dikutip dari laman resmi Formula 1, Selasa.

“Kami telah benar-benar mencoba melihat setiap aspek, baik itu mobil, pengoperasiannya, keandalannya, untuk membuat langkah maju ke segala arah yang diinginkan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Aston Martin pastikan kembali lebih kuat pada musim 2024

Lebih lanjut, Krack mengaku cukup optimistis dengan performa AMR24 nanti menyusul segala kerja keras yang sudah dilakukan oleh tim teknis di sepanjang persiapan jelang musim 2024.

“Persiapan berlangsung sangat intens selama beberapa bulan sejak kami menyelesaikan musim lalu. Kami berharap upaya kami sudah cukup banyak dan baik. Kami yakin bahwa kami akan memiliki pesaing yang kuat dan tampil baik,” kata Krack.

Direktur Teknis Aston Martin Dan Fallows menambahkan, upaya keras tim harus dilakukan terus-menerus. Ia berkaca pada pertengahan akhir musim lalu, dimana banyak tim melakukan perombakan teknis dan menyusul langkah Aston Martin untuk mencoba mematahkan dominasi yang saat itu dipimpin oleh Red Bull.

Pebalap tim Aston Martin Fernando Alonso dan pebalap McLaren Oscar Piastri memacu mobil saat kualifikasi F1 GP Hungaria di Hungaroring, Budapest, Hungaria, Sabtu (22/7/2023). ANTARA FOTO/REUTERS/Bernadett Szabo/foc.
Baca juga: Alonso: Aston Martin perlu atur strategi untuk ke puncak lagi

“Kami telah berhasil membuat langkah maju pada mobil tahun lalu. Kami sangat senang dengan apa yang dapat kami capai,” kata Fallows.

Mengenai perubahan di AMR24, Fallows mengatakan hal itu mencakup hampir semua bagian di mobil. Menurutnya, AMR24 sangat berbeda dengan mobil pendahulunya.

“Kami telah melakukan perubahan di seluruh mobil. Ini sangat berbeda dalam banyak hal dan sebagian besar bagiannya telah berubah. Tapi pada dasarnya ini masih merupakan evolusi yang kuat dari mobil tahun lalu,“ ujar Fallows.

Setelah Aston Martin, maka tersisa Ferrari, Mercedes, McLaren, dan Red Bull yang akan mengungkapkan seperti apa tampilan mobil terbaru mereka untuk musim 2024.

Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 sendiri akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

Baca juga: Aston Martin umumkan desain baru AMR24 pada Februari

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024