“Hal ini memang menjadi komitmen kita untuk mengundang para observer dari negara-negara sahabat. Itu bagian dari resiprokal kita juga karena kita juga diundang oleh negara-negara itu, kemudian kita juga mengundang balik,”
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Sukamta mengatakan Indonesia Election Visit Program (IEVP) 2024 menjadi kesempatan untuk menunjukkan kualitas demokrasi Indonesia kepada negara-negara sahabat.
 
 
“Hal ini memang menjadi komitmen kita untuk mengundang para observer dari negara-negara sahabat. Itu bagian dari resiprokal kita juga karena kita juga diundang oleh negara-negara itu, kemudian kita juga mengundang balik,” kata Sukamta dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

 
 
Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut sebagai upaya membangun citra DPR RI sebagai parlemen modern dan terbuka.

 
 
“Di samping itu, kita juga berkepentingan supaya pemilu kita ini bisa disaksikan oleh negara-negara sahabat terutama parlemen di seluruh dunia,” kata dia.

 
 
Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang negara-negara sahabat untuk menyaksikan langsung Pemilu 2024 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) melalui kegiatan IEVP.

 
 
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan program ini dalam rangka untuk memberikan kepada berbagai macam pihak secara terorganisir yang ditulis oleh KPU, untuk mengikuti perkembangan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

 
 
Hingga hari Senin (12/2), sebanyak 14 delegasi telah hadir di Bali. Seluruh delegasi itu berasal dari parlemen, kedutaan negara sahabat, dan tiga organisasi internasional. Empat delegasi negara lainnya, yakni dari China, Qatar, Venezuela, dan Azerbaijan dijadwalkan tiba pada Selasa.

 
 
Salah satu delegasi Parlemen Tanzania, Elibarki Immanuel Kingu, berharap pemilu di Indonesia yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang, berjalan damai dan demokratis.

 
 
“Indonesia adalah salah satu negara raksasa di dunia dalam hal demokrasi. Jadi harapan kita pemilu besok lusa, akan berjalan adil dan damai,” kata dia.

 
 
Ia juga berpesan agar pada pemilu nanti, bangsa Indonesia bisa memanfaatkan hak pilihnya di TPS karena hal ini dapat menentukan arah Indonesia ke depan.

 
 
“Harapan saya adalah para pemilih akan hadir dalam jumlah besar untuk mendukung kandidat mereka yang telah mereka dengarkan sepanjang masa kampanye untuk melihat agenda mereka, untuk melihat strategi mereka, dan bagaimana mereka akan membantu warga negara yang indah ini,” ujarnya.

 
 
Nantinya, Elibarki akan melakukan tinjauan langsung ke TPS yang ada di Bali untuk melihat dan memberi masukan terhadap pemilu di Indonesia yang tengah berlangsung.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024