"IEVP, yaitu program yang disiapkan oleh KPU untuk para sahabat dari luar negeri sebagai pengunjung untuk melihat election, pemilu di Indonesia. Apa saja yang kita lakukan dalam hal mempromosikan demokrasi pemilu untuk Pemilu 2024,"
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos menilai Indonesia Election Visit Program (IEVP) sebagai ajang promosi kepada masyarakat global tentang praktik demokrasi elektoral Indonesia.

"IEVP, yaitu program yang disiapkan oleh KPU untuk para sahabat dari luar negeri sebagai pengunjung untuk melihat election, pemilu di Indonesia. Apa saja yang kita lakukan dalam hal mempromosikan demokrasi pemilu untuk Pemilu 2024," ujar Betty di Jakarta, Selasa.

Adapun sebelum para tamu dari negara sahabat menyaksikan langsung Pemilu 2024 di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), KPU telah menjelaskan terlebih dulu terkait perjalanan pemilu sejak tahapan pertama, yaitu 14 Juni 2022 sampai hari ini H-1 atau satu hari sebelum pemungutan suara Rabu, 14 Februari 2024.

"Kita sampaikan apa saja yang sudah kita lakukan, besok seperti apa hari H pelaksanaannya," katanya.

Selain itu, KPU juga menjelaskan proses rekapitulasi perolehan suara. Betty mengatakan bahwa ada pertanyaan terkait bagaimana KPU memutakhirkan data pemilih yang mencapai 204 juta penduduk.

"Bagi mereka ini luar biasa, tersebar di 17 ribuan pulau, 38 provinsi, 514 kabupaten/kota dengan ragam jenis manusianya, ragam jenis sosial budayanya," jelas dia.

KPU akan mengantarkan para tamu dari negara-negara sahabat menuju TPS mulai pukul 07.00 WIB. Mereka akan diantarkan ke TPS yang berada di area padat penduduk hingga lokasi khusus, seperti panti sosial, lapas, rutan, perumahan dan TPS reguler.

Kendati demikian, Betty menegaskan bahwa para tamu itu hanyalah pengunjung yang tidak boleh masuk ke dalam TPS. Mereka hanya bisa menyaksikan bagaimana pemungutan suara di TPS Indonesia.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024