Jakarta (ANTARA) - Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos menawarkan strategi atasi potensi krisis dalam pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Betty saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU untuk periode 2022-2027 oleh Komisi II DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Betty dengan latar belakang Ketua KPU DKI Jakarta memaparkan visi dan misi strategi menghadapi potensi krisis Pemilu dan Pemilihan tahun 2024.

Dia menjelaskan, dalam menghadapi potensi krisis terdapat prinsip dan langkah yang harus diambil oleh penyelenggara pemilu (electoral actor).

Pertama, menurut dia adalah optimalisasi sumber daya dengan perencanaan program dengan memanfaatkan perangkat teknologi.

Selanjutnya, percepatan reformasi birokrasi KPU terkait dengan kepemimpinan, pengembangan keorganisasian hingga koordinasi dan database personel kerja.

Baca juga: Hasyim Asy'ari: KPU tidak boleh pilih-pilih
Baca juga: Komisi II DPR gelar uji kelayakan dan kepatutan anggota KPU/Bawaslu
Baca juga: Ketua DPR: Uji kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu terbuka


Betty yang juga pernah bertugas sebagai penyelenggara Pemilu, membagi potensi krisis pada Pemilu 2024 dalam beberapa bagian. Pertama terkait akselerasi transformasi digital.

Selanjutnya manajerial big data, perbaikan komunikasi publik dan sinergi multisektor penyelenggara pemilu.

Betty menegaskan untuk menentukan pemilu sukses bergantung pada tiga hal yakni kredibilitas dan profesionalitas penyelenggara pemilu. Perbaikan dan penguatan penyelenggaraan pemilu. Serta kualitas dan partisipasi pemilih dan peserta pemilu.

Sementara itu, Komisi II DPR RI mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan untuk 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI masa jabatan 2022-2027.

Sesuai jadwal, uji kelayakan dan kepatutan dilaksanakan pada 14-15 Februari 2022. Setiap calon anggota dijadwalkan maksimal satu jam untuk pemaparan visi-misi serta pendalaman oleh anggota Komisi II DPR RI.

Hari pertama uji kelayakan dan kepatutan, Senin, 14 Februari 2022, dijadwalkan enam calon anggota KPU akan memaparkan visi dan misi yakni August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita dan Iwan Rompo Banne.

Pewarta: Fauzi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022