Jakarta (ANTARA) - Sejumlah selebritas Indonesia seperti desainer Ivan Gunawan (Paris), aktris Acha Septriasa (Sydney), pemain sinetron Natasha Wilona dan Cinta Laura (New York), tertib mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota-kota luar negeri itu, terlepas dari aktivitas mereka yang padat menjelang Pemilu 2024.

Berdasarkan unggahan di akun Instagram pribadi masing-masing, Selasa, Cinta Laura menyatakan bahwa kesibukan pribadi tidak boleh menghilangkan hak memilih yang telah dijamin konstitusi.

"Suara kita adalah refleksi dari harapan dan mimpi kita untuk Indonesia. Jadi, mari kita tutup dengan mengingat bahwa setiap suara diperhitungkan, jadi, keluarlah dan lakukan peran kalian," kata Cinta Laura melalui akun Instagram @claurakiehl, dikutip Selasa.

Cinta Laura yang kini berusia 30 tahun itu juga berpose di depan spanduk bertuliskan "Satu Suara Dapat Mengguncang Keadaan" (One Vote Can Rock The Boat) dan latar perkotaan Manhattan, Amerika Serikat.
 
Tangkapan layar - Aktris Cinta Laura memperlihathan tinta biru di jarinya usai memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) New York, Amerika Serikat, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Instagram/claurakiehl/am.


Pada foto lain, tangan Cinta juga membawa papan merah-putih, warna Bendera Negara Indonesia, bertuliskan "Suara Pemilu, Suara Rakyat" serta terdapat pula logo Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto-foto itu diunggah pada 11 Februari usai aktris dan penyanyi berdarah Jerman itu mencoblos di TPS 5 pada Sabtu (10/2).

Natasha Wilona, pemain sinetron yang terkenal lewat akting sebagai pemeran utama acara televisi "Anak Jalanan" itu membagikan foto jari kelingking yang ternoda tinta ungu usai mencoblos di salah satu TPS yang ada di New York, Amerika Serikat pada Sabtu (10/2).

Natasha berkata "walau lagi di New York, tetap tidak boleh tidak memilih alias golput! Karena hak pilih yang dimiliki setiap warga negara Indonesia, harus digunakan untuk memilih wakil rakyat yang terbaik".
 
Tangkapan layar - Pemain sinetron Natasha Wilona saat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota New York, terlepas dari aktivitas mereka yang padat, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Instagram/natashawilona12/am.



Selebritas Indonesia tak hanya menggunakan hak suara di benua Amerika, tapi, juga di Eropa dan Australia.

Seperti desainer Ivan Gunawan, presenter dan desainer kondang itu mengaku mencoblos lewat Pos 001 Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Prancis pada Sabtu (10/2) demi bisa berkontribusi terhadap masa depan Indonesia lima tahun mendatang.
 
Tangkapan layar - Desainer Ivan Gunawan saat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, Prancis, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Instagram/ivan_gunawan/am.



Setelah masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) luar negeri karena mengurus Surat Pindah Memilih dari Jakarta Selatan, Ivan boleh mencoblos dengan jenis surat suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta calon anggota DPR RI saja.

Sementara itu, aktris yang pernah bermain di film "Heart", Acha Septriasa, memilih di TPS 16 Sydney, Australia. Acha datang ke TPS bersama suaminya Vicky Kharisma. Acha beberapa tahun belakangan tinggal di kota tersebut.
 
Tangkapan layar - Aktris Acha Septriasa saat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sydney, Australia, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Instagram/septriasaacha/am.



"Pesta demokrasi di Sydney AU," tulis Acha dalam unggahan di akun Instagram @septriasaacha.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024