Tapin, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Personel TNI, Polri bersama perlindungan masyarakat (linmas) menggunakan perahu bermesin guna menyalurkan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang melintasi aliran Anak Sungai Barito di Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polres Tapin Polda Kalimantan Selatan AKP Agung Setiawan mengatakan ada lima armada perahu motor untuk mengangkut semua logistik pemilu di Kecamatan Candi Laras Utara.

"Dari 13 desa di Kecamatan Candi Laras Utara, ada 11 desa yang harus diakses melalui jalur sungai," ungkapnya saat memantau pelaksanaan distribusi logistik di Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin, Selasa.

Disebutkan Agung, lokasi yang paling jauh untuk distribusi logistik pemilu berada di Desa Sawaja karena letak geografis berada di ujung Kabupaten Tapin berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Berdasarkan perhitungan, waktu tempuh untuk mencapai lokasi terjauh yakni Desa Sawaja bisa sekitar dua jam secara normal," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Candi Laras Utara Iptu Ketut Sedemen mengatakan anggota Polri bersama TNI dan Linmas diperintahkan mengawal ketat pendistribusian logistik pemilu.

"Kami berkolaborasi dengan TNI dan linmas, untuk sistem keamanan kita melekat dengan logistik. Dari PPK hingga KPPS di tingkat desa, kita kawal ketat hingga sampai ke TPS," ujarnya.

Disebutkan Agung, seluruh pasukan pengamanan ini menetap di setiap wilayah hingga selesai pencoblosan Pemilu 2024.

"Rabu, kita lakukan pengamanan hingga kembali lagi ke gudang atau sekretariat KPU Tapin," tutur Ketut.

Hingga saat ini, dia mengatakan logistik pemilu di seluruh Kecamatan Candi Laras Utara yang disalurkan lewat darat maupun sungai sudah sampai dengan kondisi aman.

"Sementara ini belum ada kendala yang berarti. Alhamdulillah, kejadian tidak ada, mudah-mudahan nihil," ungkapnya.

Berdasarkan data dari KPU Kabupaten Tapin, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Candi Laras Utara sebanyak 57 lokasi.

Sedangkan, untuk melayani hak suara 1.327 daftar pemilih tetap (DPT) di Kecamatan Candi Laras Utara ini, total jumlah yang didistribusikan untuk kotak suara sebanyak 285 buah dan bilik suara 228 buah.

Baca juga: Ketua KI Pusat pastikan masyarakat dapat keterbukaan informasi pemilu
Baca juga: KPU minta jajaran penyelenggara pemilu untuk jaga integritas


Pewarta: Taufik Ridwan/M Fauzi Fadilah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024