Sorong (ANTARA) - Anggota Kepolisian Resor (Polresta) Sorong, Papua Barat Daya, yang melakukan pengamanan TPS di Pulau Soop membantu memikul kotak suara menuju daratan pulau itu gegara perahu tidak bisa berlabuh di pinggir pantai.

Kapolsek Sorong Kepulauan Iptu Sendi Wanggai di Sorong, Selasa, mengatakan bahwa distribusi logistik pemilu ke Pulau Soop, Distrik Sorong Kepulauan, menggunakan transportasi perahu motor. Namun, pada siang hari air laut surut dan tidak memungkinkan perahu itu berlabuh di pinggir pantai.

"Kebetulan siang jadi air laut meti (surut) panjang, akhirnya saya bersama anggota lain membantu mengangkut kotak suara ke Pulau Soop," jelas Kapolsek Sorong Kepulauan melalui saluran telepon seluler.

Air laut di Pulau Soop surut sepanjang 200 meter saat distribusi logistik pemilu ke pulau itu sehingga anggota kepolisian mengambil dan mengangkut kotak suara dari perahu yang berlabuh di perairan dalam menuju ke darat Pulau Soop.

Ia menyebutkan jumlah kotak suara yang didistribusikan ke Pulau Soop sebanyak 20 kotak suara untuk empat TPS sehingga hanya dua balik mengangkut kotak suara di atas perahu.

"Kotak suara sudah tiba dilokasi dan dalam kondisi aman sehingga besok langsung digunakan untuk pemungutan suara," ujarnya.

Pengawasan dari Polda Papua bagian Sorong Kepulauan terdiri atas Karo SDM Polda Papua Barat Kombes Pol. Arif Hidayat sebagai Pamatwil Kota Sorong dan pendamping Pamatwil AKBP Bendot Dwi Prasetio.

Petugas pengamanan TPS dari Polresta Sorong terdiri atas Kabag SDM Polresta Sorong Kota Kompol Stefani I Tasane dan Kasat Reskrim Polresta Sorong Kota AKP Arifal Utama.

Pada hari yang sama, Selasa (13/2), KPU Kota Sorong mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke 10 distrik yang pelepasannya oleh Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad dan Ketua KPU Provinsi Papua Barat Daya Andarias Kambu.

Dari 10 distrik di Kota Sorong, Distrik Sorong Kepulauan terdiri atas Kelurahan Dum Barat, Kelurahan Dum Timur, Kelurahan Soop, dan Kelurahan Ram pendistribusian logistik menggunakan kapal dan perahu motor yang mendapat pengawalan ketat dari personel Polresta Sorong.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) 2024 sebanyak 205.507 yang terdiri atas 106.544 laki-laki dan 98.963 perempuan yang tersebar di 730 TPS pada 10 distrik dan 41 kelurahan.

Baca juga: TPS 01 Perbatasan Skouw RI-PNG siap laksanakan pencoblosan
Baca juga: Keluar uang pribadi demi tunaikan tugas jadi panitia pemilu di Beijing

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024