kami juga menyiagakan sebanyak 2.021 personel gabungan yang didukung tujuh Tim PDKB se-Kalselteng
Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) menyiapkan pasokan listrik berlapis pada sejumlah tempat penting untuk menyukseskan Pemilihan Umum 2024.

"Kami siap menyukseskan Pemilu 2024 dan telah melakukan asesmen jaringan, perbaikan dengan Tim PDKB. Selain itu, menyediakan pasokan berlapis di tempat-tempat penting seperti Kantor Komisi Pemilihan Umum," ujar General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin di Banjarbaru, Selasa.

Menurut Joharifin, pihaknya sudah mengikuti apel serentak Siaga Kelistrikan Pemilu 2024 secara daring yang dipimpin Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo di Jakarta, Senin (12/2) sekaligus menginstruksikan kesiapan seluruh jajaran PLN menyukseskan pemilu.

Joharifin menuturkan PLN UID Kalselteng menyediakan 42 unit Genset, enam unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 25 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), tiga unit Unit Kabel Bergerak (UKB), lima unit mobil Crane serta 354 unit kendaraan operasional.

"Selain kesiapan peralatan, kami juga menyiagakan sebanyak 2.021 personel gabungan yang didukung tujuh Tim PDKB se-Kalselteng," ucap Joharifin.

Disebutkan Joharifin, ribuan personel itu bersiaga pada 196 lokasi posko siaga tersebar di seluruh Kalsel dan Kalteng termasuk menyiagakan petugas pada 428 lokasi penting, seperti kantor KPU, Bawaslu hingga di Panitia Pemilihan Kecamatan, perkantoran serta dinas terkait.

Baca juga: PLN dan YLKI Kalsel sepakat tingkatkan kualitas pelayanan konsumen

Baca juga: PLN sosialisasikan aturan P2TL terbaru kepada berbagai pihak


Joharifin menekankan kecukupan daya mampu pembangkit, Sistem Kelistrikan Kalsel dan Kalteng masih mempertahankan surplus daya dengan total mampu pasok sebesar 1.180,35 Mega Watt (MW) dengan asumsi pemakaian beban listrik saat puncak Pemilu 2024 sebesar 711,75 MW.

"Tak hanya persiapan untuk pemilu, kami juga tetap menyiagakan dan siap membantu masyarakat yang menggunakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKU) pada 12 lokasi yang tersebar di wilayah Kalselteng," ungkapnya.

Menurut Joharifin, seluruh jajaran PLN UID Kalselteng mengunjungi Kantor KPU Provinsi Kalsel di Kota Banjarmasin, Selasa, untuk menyampaikan kesiapan pasokan listrik dan memastikan langsung pelayanan listrik di kantor pusat pemilihan umum provinsi itu.

"Sebelum pelaksanaan Pemilu besok, kami ingin memastikan fasilitas di Kantor KPU Kalsel sudah mendapat pasokan listrik yang andal sehingga seluruh proses yang dilakukan para petugas berjalan dengan baik dan lancar," kata Joharifin.

Melalui sejumlah persiapan yang matang dan prima, Joharifin mengharapkan penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat Indonesia lima tahunan dapat berjalan lancar, dan damai dengan pasokan listrik yang andal dari PLN.

"Semoga Pemilu 2024 berjalan lancar dan demokratis. Jika masyarakat mengalami kendala kelistrikan segera laporkan kepada petugas PLN melalui aplikasi PLN Mobile, petugas akan langsung merespon dan menyelesaikan permasalahan," tutur Joharifin.

Baca juga: PLN UID Kalselteng sukses menjaga listrik saat natal dan tahun baru

Baca juga: PLN Kalselteng raih enam penghargaan atas kedisplinan terapkan K3


Pewarta: Taufik Ridwan/Yose Rozal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024