Seluruh jajaran PLN akan selalu all out dalam setiap kegiatan penting, apalagi kali ini pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia.
Banjarbaru, Kalimantan Selatan (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) mendirikan 196 posko siaga listrik andal untuk mendukung Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar berjalan sukses dan lancar.

Posko siaga itu menyiapkan kebutuhan teknis maupun operasional terhadap penyelenggara pemilu yang siap merespons dengan cepat setiap kebutuhan darurat yang mungkin timbul selama proses pemilu.

"Seluruh jajaran PLN akan selalu all out dalam setiap kegiatan penting, apalagi kali ini pesta demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu.

Tak hanya posko siaga, Joharifin mengungkapkan PLN UID Kalselteng juga menyiagakan petugas pada 428 lokasi penting, seperti kantor KPU, kantor Bawaslu, panitia pemilihan kecamatan (PPK), perkantoran serta dinas terkait.

Joharifin menyebutkan daya kemampuan listrik siaga Pemilu 2024 masih bertahan dengan cadangan daya yang sangat cukup untuk menyuplai listrik di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Total mampu pasok saat ini adalah 1.180 megawatt (MW) dan asumsi pemakaian beban listrik pada saat puncak Pemilu 2024 sebesar 711,75 MW, sehingga masih memiliki cadangan daya yang banyak," ujarnya pula.

GM PLN UID Kalselteng bersama Senior Manager Distribusi Sugeng Hidayat dan Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum Sigit Fanani juga sempat meninjau dan mengecek kondisi kelistrikan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Banjarbaru.

Rombongan manajemen PLN UID Kalselteng bertemu dengan Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin yang menyalurkan hak pilih di TPS itu, dan mengapresiasi kinerja PLN mengamankan kelistrikan untuk kelancaran pemilu.

"Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan berbagai pihak kepada PLN, kita semua berharap pemilu berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan gangguan yang bisa merusak ketenangan dan situasi kondusif di tengah masyarakat," ujar Joharifin.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan Andi Tenri Sompa mengapresiasi langkah PLN UID Kalselteng yang sudah berupaya memberikan pelayanan terbaik agar pemilu berjalan lancar dan damai.

"Listrik menjadi sangat penting untuk pemilu, terutama pada saat rekapitulasi perhitungan suara, karena membutuhkan suplai listrik yang andal sehingga proses perhitungan dapat secara langsung dikirim melalui sistem tanpa hambatan," kata Tenri pula.
Baca juga: PLN UID Kalselteng sukses menjaga listrik saat natal dan tahun baru
Baca juga: PLN UID Kalselteng siapkan pasokan listrik berlapis sukseskan pemilu


Pewarta: Taufik Ridwan/Yose Rizal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024