Kami bersyukur, pasokan listrik di malam pergantian tahun dalam kondisi aman....
Banjarbaru (ANTARA) - Jajaran PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) sukses dalam menjaga keandalan pasokan listrik bagi masyarakat dan pelanggan saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Meskipun diwarnai guyuran hujan di beberapa daerah, malam pergantian tahun 2023 ke 2024 berlangsung aman dengan pasokan listrik andal sebagai momentum penting yang diupayakan seluruh jajaran PLN UID Kalselteng bagi masyarakat.

Suksesnya pengamanan suplai listrik disampaikan oleh General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin sesaat setelah mengikuti acara Manajemen Menyapa Malam Tahun Baru yang dipimpin Direktur Utama PLN Darmawan Prasojo secara virtual pada hari Minggu, 31 Desember 2023.

"Kami bersyukur, pasokan listrik di malam pergantian tahun dalam kondisi aman meski beberapa daerah diguyur hujan, namun semua tetap dalam kondisi normal," ujar Joharifin saat berada di Posko Siaga PLN UID Kalselteng, Kota Banjarbaru, Senin, 1 Januari 2024 dini hari melalui keterangan tertulis, Selasa.

Joharifin menyebutkan pasokan listrik yang digunakan pelanggan pada malam tahun baru 2024 berada di angka 1.474,3 megawatt (MW) dan daya mampu yang dimiliki oleh Sistem Kelistrikan Interkoneksi Kalselteng-Kaltim adalah 1.842,7 MW, sehingga masih memiliki cadangan sebesar 368,4 MW.

"Jika dibandingkan dengan beban puncak tahun lalu, terjadi kenaikan sebesar 22 persen karena beban puncak pergantian tahun lalu ada di angka 1.204,3 MW," ujar Joharifin seraya berterima kasih kepada seluruh petugas yang telah bekerja maksimal di lapangan.

Menurut Joharifin, kenaikan beban puncak itu menjadi yang sinyal baik bagi pertumbuhan ekonomi, karena semakin tinggi penggunaan listrik berimbas terhadap meningkatnya pendapatan asli daerah melalui pajak penerangan jalan umum.

Dia menyatakan pula, guna menyukseskan suplai listrik yang andal pada malam pergantian, PLN UID Kalselteng telah menyiapkan total sebanyak 180 posko di berbagai lokasi vital dengan melibatkan 1.955 personel yang siap siaga membantu masyarakat apabila terjadi kendala kelistrikan baik di rumah maupun di lokasi lainnya.

"Kami juga menyediakan sebanyak 42 unit genset, 6 unit UPS, 25 unit gardu bergerak (UGB), 3 unit kabel bergerak (UKB), 225 unit mobil dan 124 motor operasional, serta 5 unit mobile crane," ujar Joharifin.

Ia menambahkan, perayaan natal dan tahun baru merupakan salah satu momen yang menjadi fokus siaga PLN dalam menjaga komitmen untuk menghadirkan listrik yang andal didukung petugas, peralatan dan material serta suplai listrik yang mencukupi, dan PLN siap mengawal suksesnya momen-momen besar dan seluruh kegiatan masyarakat.

"Kami atas nama keluarga besar PLN UID Kalselteng mengucapkan selamat tahun baru 2024, semoga di tahun-tahun selanjutnya kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik lagi," kata Joharifin.
Baca juga: PLN Kalselteng raih enam penghargaan atas kedisplinan terapkan K3
Baca juga: Sistem kelistrikan Kalselteng pulih 100 persen usai alami gangguan

Pewarta: Imam Hanafi/yose
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024