Saya sudah purnabakti dari kepolisian pada tahun 2023.
Semarang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 setelah resmi purnabakti  dari kepolisian dengan pangkat terakhir komjen polisi.

Nana merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Sejak itu membaktikan dirinya sebagai anggota Polri aktif hingga resmi pensiun per tanggal 26 Maret 2023.

"Jadi, rupanya saya pemilih pemula. Baru kali ini akan mendapatkan hak saya untuk memilih," kata Nana dalam pernyataan yang diterima di Semarang, Selasa malam.

Oleh karena itu, purnawirawan polisi yang sejak 5 September lalu dilantik sebagai Pj. Gubernur Jateng itu tidak akan menyia-nyiakan kesempatannya untuk menggunakan hak pilihnya kali pertama dalam pemilu.

"Saya sudah purnabakti dari kepolisian pada tahun 2023. Alhamdulillah, kali ini bisa memilih," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Nana Sudjana telah terdaftar sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Gajahmungkur, Kota Semarang. Sesuai dengan jadwal, dia akan mencoblos pada hari Rabu (14/2) sekitar pukul 08.00 WIB.

Nana akan datang ke TPS bersama istrinya, Shinta Nana Sudjana, yang juga menjabat sebagai Pj. Ketua TP PKK Jateng.

Nana dilantik sebagai Pj. Gubernur Jateng menggantikan Ganjar Pranowo yang telah menjadi Gubernur Jateng selama dua periode.

Pada periode pertama, Ganjar berpasangan dengan Heru Sudjatmoko sebagai wakil gubernur pada periode pertama, kemudian pada periode kedua berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng: TPS terdampak banjir dipindah ke pengungsian
Baca juga: 11.400 orang mengungsi akibat banjir Demak


Berdasarkan data KPU RI, daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional pada Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, bersamaan dengan Pilpres 2024.
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024