Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memastikan kesiapan akhir pemungutan suara Pemilu 2024 pada Rabu tanggal 14 Gebruari 2024 di tingkat TPS.

Hal tersebut, dilaksanakan dengan peninjauan persiapan pemilu di Bandung Raya yakni di Kabupaten Bandung dan Cimahi bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu Jabar, Selasa malam.

Tinjauan dan monitoring kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Bandung Raya ini, diawali dengan kunjungan ke TPS 48 Jl Raya Kembar Palem 2 Desa Cingcin Kecamatan Soreang, dan TPS 14 Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin.

Kemudian dilanjutkan ke Kota Cimahi yakni TPS 29 Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah, serta peninjauan pemusnahan surat suara lebih atau tidak digunakan untuk wilayah Cimahi di Gudang Bulog, Baros, Cimahi.

"Seperti yang kita tahu besok adalah pemungutan suara Pemilu 2024. Peninjauan ini, untuk melihat kesiapan akhir di tiga TPS dan satu lokasi pemusnahan surat suara. Untuk TPS kami lihat sudah sangat siap terkait DPT dan lainnya," kata Bey selepas peninjauan di Cimahi, Jawa Barat, Selasa.

Saat peninjauan TPS sendiri, Bey mengatakan bahwa rombongan selain memastikan DPT, juga mengingatkan potensi kecurangan memanfaatkan pemilih yang tidak bisa memberikan suaranya, seperti yang telah meninggal.

"Kami mengingatkan beberapa hal yang harus dihindari seperti kecurangan-kecurangan itu. DPT meninggal perlakuannya seperti apa, ternyata sudah siap jadi didrop. Jadi kita meminimalisir kecurangan-kecurangan seperti itu," ucap Bey.

Selain itu, Bey juga ingin memastikan kesiapan dan antisipasi dari TPS, bagaimana jika terjadi cuaca buruk seperti hujan.

"Kemudian juga untuk logistik sudah siap termasuk yang aksesnya cukup menantang seperti menggunakan perahu dan lainnya, termasuk di lokasi bencana di Sumedang dan Majalengka mereka sudah mempersiapkan bencana termasuk opsi penggunaan TPS keliling," ucap Bey.

Diketahui, dalam pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, dilakukan pemilihan Presiden, dan pemilihan legislatif untuk DPR, DPRD Provinsi, DPRD kota/kabupaten, dan DPD RI.

Bey sendiri diinformasikan akan memberikan hak suaranya di Bandung, dengan perkiraan akan dilangsungkan di TPS Jalan Cianjur, Kota Bandung.

Terkait surat suara yang dimusnahkan oleh di Cimahi, dengan disaksikan Bey Machmudin dan jajaran Forkopimda Jabar malam ini, memiliki rincian untuk pemilihan presiden dan wakil presiden 378, DPR 418, DPD 683, DPRD Provinsi 421, dan DPRD Kota Kabupaten 154 lembar.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024