Kabupaten Asmat (ANTARA) - Bupati Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan Elisa Kambu mengajak masyarakat di daerah tersebut untuk segera datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan bertanggung jawab dalam menggunakan hak pilih.

"Saya mengajak saudara-saudara, mari berbondong-bondong ke TPS untuk menggunakan hak politik secara konstitusional," kata Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu di Distrik Agats, Kabupaten Asmat Papua Selatan, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Elisa Kambu usai memberikan hak politiknya di TPS 021 Bis Agats. Politisi kelahiran 12 Mei 1964 itu merupakan pemilih pertama bersama istri yang datang untuk mencoblos ke TPS yang bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Menurut Elisa, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak untuk memilih harus secara sadar menggunakan hak politiknya tanpa ada tekanan atau intervensi dari pihak manapun.

"Mari bertanggung jawab memilih para pemilih bangsa sesuai hati nurani tanpa kekerasan atau intervensi," kata dia.

Usai memberikan hak suaranya, Bupati akan fokus memantau dan menyaksikan pesta demokrasi dengan cara berkeliling di Distrik Agats. Termasuk memastikan tidak kekurangan logistik di setiap TPS.

Terakhir, Elisa Kambu berharap dan mengajak masyarakat setempat secara bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan dengan damai dan tenang.

"Siapapun yang terpilih, kita yakini bahwa itu adalah kedaulatan tuhan," ujarnya. Tambahan informasi untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Asmat ialah sebanyak 80.122 orang dengan 352 TPS yang tersebar di 224 kampung atau desa. KPU Provinsi Papua Selatan menetapkan DPT tingkat provinsi untuk Pemilu serentak Tahun 2024 sebanyak 367.269 pemilih dengan 1.770 TPS yang terdiri atas empat kabupaten.

Rinciannya Kabupaten Merauke memiliki 162.942 DPT, 774 TPS yang tersebar di 22 distrik, Kabupaten Boven Digoel memiliki DPT 43.765 jiwa, 285 TPS di 20 distrik. Selanjutnya Kabupaten Mappi 80.440 pemilih dengan jumlah TPS 359 yang tersebar di 15 distrik, serta Kabupaten Asmat 80.122 pemilih dan 352.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024