kita tidak perlu menghambat orang membeli mobil. Jadi ERP mari kita segera laksanakan, Pemda dan pusat, cari celahnya, kalau mereka memakai ya bayar tadi
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono saat membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) ke- 21 memberikan jawaban atas surat Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya terkait mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car) yang ditakutkan akan menyebabkan Jakarta semakin macet.

"Terakhir ingin merespons Pak Jokowi, intinya pak Wagub (Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama yang hadir dalam kesempatan tersebut), pemerintah pusat tidak akan lepas tangan dalam hal-hal bekerja untuk masalah-maslah Ibu Kota DKI termasuk masalah kemacetan, termasuk perumahan, kita siap karena ini adalah jendela rumah kita," kata Boediono saat memberikan sambutan dalam pembukaan IIMS 2013.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur DKI Jokowi tidak hadir, namun dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

Wapres mengungkapkan memang ada kekhawatiran terjadinya banjir mobil murah di kota metropolitan seperti Jakarta, Medan, Surabaya yang akan menambah masalah kemacetan. Namun demikuian pemerintah siap untuk bersama-sama pemerintah daerah dalam menanggulangi hal itu.

Wapres menambahkan, bahwa rakyat tidak boleh dilarang untuk membeli mobil murah, namun yang bisa dilakukan dengan membuat tranportasi umum yang murah dan nyaman serta meberikan peraturan agar mobil tidak melimpah di jalanan melalui pengenaan biaya seperti kebijakan ERP.

"Memang ada kekhawatiran mobil LCGC, ini bisa menambah masalah di metropolitan seperti Jakarta mungkin jua di urban center lainya."

"Memang solusinya adalah meningkatakan secepat mungkin Pemda dan Pemerintah Pusat publik transport. Itu kuncinya. Kedua, kita tidak perlu menghambat orang membeli mobil. Jadi ERP mari kita segera laksanakan, Pemda dan pusat, cari celahnya, kalau mereka memakai ya bayar tadi," kata Wapres.

Wapres menambahkan, industri otomotif merupakan industri startegis yang menjadi tulang punggung industrialisasi di Indonesia.

Pada IIMS yang digelar selama 19-29 September 2013 di Jakarta International Expo, Kemayoran tersebut sejumlah mobil LCGC juga dipamerkan di antaranya Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Suzuki Karimun.

Sementara itu, menurut Ketua Penyelenggara IIMS 2013 Johny Darmawan mengatakan penjualan mobil terus tumbuh. Pada 2012, jumlah penjualan mobil mencapai 1,067 juta unit naik 21 persen dari tahun sebelumnya.

Pewarta: Muhammad Iskandar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013