curah hujan yang tinggi membuat TPS terendam banjir
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, belum memulai proses pencoblosan atau pemungutan suara Pemilu 2024 karena masih terdampak banjir hingga pukul 10.55 WIB.

"Iya, curah hujan yang tinggi membuat TPS terendam banjir," kata Plt Ketua KPU Jakarta Utara Abie Maharullah Madugiri di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lokasi, beberapa TPS di Kelapa Gading Barat terendam luapan air dari sungai yang ada di belakang gabungan TPS dari beberapa Rukun Warga di daerah setempat.

Hingga pukul 10.55 WIB, sejumlah TPS belum melakukan pemungutan karena lokasi mereka masih terendam banjir. Ada pula yang ambruk karena angin kencang.

Adapun TPS yang tergenang tidak terlalu dalam di lokasi yang sama tetap menjalankan aktivitas memungut suara karena ketinggian genangan tidak mengganggu proses pemungutan suara. 

Sementara itu, TPS 07 Kelapa Gading Barat tampak  belum memulai pemungutan karena TPS terendam sekitar 20 centimeter. Para petugas pun masih menata bilik suara di TPS. 

Meski pemungutan suara belum bisa dimulai, terlihat ratusan pemilih sudah menunggu di lokasi tersebut untuk bisa menggunakan hak pilih mereka.

Diketahui, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Jakarta Utara Muhammad Sobirin mengatakan masih menunggu data terkait kondisi TPS yang terdampak banjir di wilayah utara Jakarta. 

"Kami sedang menunggu data dari pengawas terkait kondisi TPS yang terdampak banjir," kata Sobirin. 

Sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) juga terus berupaya menyedot air yang menggenang di dalam TPS.

Genangan air disedot dan dialirkan ke sungai yang berada di belakang TPS sehingga pemungutan suara dapat dilakukan.

Baca juga: Tenda TPS di Kelurahan Cempaka Baru ambruk akibat hujan

Baca juga: Bawaslu rekomendasi relokasi TPS terdampak banjir di Jakarta Utara

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024