Alhamdulillah pemilu berjalan dengan damai dan aman dan ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia negara yang besar.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Pemilu 2024 yang berjalan dengan damai dan aman menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara besar.

“Alhamdulillah pemilu berjalan dengan damai dan aman dan ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia negara yang besar,” ujar Airlangga seusai memberikan hak suaranya di TPS 005 Melawai, Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut Airlangga, kondisi di masyarakat pada pemilu kali ini relatif lebih aman dan tenang dibandingkan perhelatan sebelumnya.

“Saya lihat saat berkeliling ke berbagai tempat, di sana relatif aman, jadi tidak ada hal-hal ekstrem yang muncul dari pemilu,” katanya.

Baca juga: Ketum Golkar salurkan hak suara bersama keluarga di TPS 005 Melawai

Airlangga pun berharap situasi aman, damai, dan tertib tersebut dapat terjaga hingga proses perhitungan suara.

Meskipun ada perbedaan pilihan, ia menyatakan bahwa hal tersebut perlu disikapi sebagai hal yang wajar dan diselesaikan hanya dengan mekanisme pemilihan.

“Penghitungan suara nanti diharapkan berjalan lancar dan pemilu berlangsung secara jujur dan adil,” ucapnya.

Airlangga tiba di TPS pukul 09.57 WIB bersama istri dan putrinya untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024.

Ia mendatangi TPS yang berlokasi di SMK Negeri 6 Jakarta, Jl Prof. Joko Sutono Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tersebut dengan mengenakan kemeja putih bermotif kotak-kotak dengan garis biru.

Baca juga: Airlangga sebut film dokumenter "Dirty Vote" kampanye hitam

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional dan ada enam partai politik lokal di Aceh.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.



 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024