Saya minta untuk digeser ke tempat yang lebih cepat, lebih aman, dan tentunya nyaman buat warga setempat
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi banjir dan genangan agar  pindah ke lokasi yang lebih aman agar pemilu bisa berjalan lancar tidak terkendala bencana alam.
 
"Saya minta untuk digeser ke tempat yang lebih cepat, lebih aman, dan tentunya nyaman buat warga setempat," kata Heru usai melakukan melaksanakan hak piihnya di TPS 55, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu.
 
Heru menyebut ada beberapa TPS di Kemayoran, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang terkena banjir akibat hujan sejak Rabu dini hari.
 
"Jadi ada beberapa TPS di Kemayoran Jakarta Pusat, dan ada beberapa di Jakarta Barat tadi pagi Subuh sudah saya monitor, nanti saya akan tinjau ke beberapa  lokasi," ujar Heru.
 
Diketahui, sejumlah tenda TPS ambruk di wilayah Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat akibat terjangan hujan disertai angin.
 
"Beberapa tenda TPS ambruk akibat guyuran hujan di wilayah Kelurahan Cempaka Baru. Ini roboh akibat tidak kuatnya menahan terjangan hujan," kata Ketua KPPS 69 Kelurahan Cempaka Baru, Leonard Panjaitan saat diwawancarai di Jakarta, Rabu.
 
Leonard mengatakan akibat ambruk  pencoblosan surat suara sempat terganggu. Jika sesuai jadwal, warga dijadwalkan bisa kembali mencoblos pada pukul 07.00 WIB.
 
"Pastinya ini jadi terganggu karena tenda tempat nyoblos ambruk. Kita juga masih menunggu instruksi apakah akan dipindahkan atau seperti apa kita masih menunggu instruksi," ucap Leonard.
 
Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melakukan pemantauan dan pengawasan TPS untuk memastikan pemilu berjalan lancar meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat.
 
Tim reaksi cepat (TRC) BPBD DKI Jakarta yang terdiri dari 267 personel itu sudah ditempatkan di setiap kelurahan Jakarta dan terus berkoordinasi dengan lurah dan pihak lainnya terkait situasi TPS di Jakarta.
Baca juga: Pj Gubernur DKI ingatkan pemilu jangan menimbulkan perpecahan bangsa
Baca juga: 13.630 warga binaan coblos di TPS khusus rutan dan lapas di Jakarta
Baca juga: BMKG ingatkan penyelenggara Pemilu 2024 antisipasi hujan lebat Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024