Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono (Cak Awi) mengaku setelah menggunakan hak suaranya akan terus memantau dan mengawal suara Ganjar-Mahfud serta partainya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Tentunya, saya akan terus memantau perkembangannya, mengawal suara bersama kader, relawan dan juga warga untuk perhitungan nanti," katanya.

Cak Awi, sapaan akrabnya, menambahkan nanti pukul 14.00 WIB akan ada nonton bareng (nobar) quick count atau perhitungan cepat di kantor DPC PDIP Kota Surabaya.

"Nanti kami juga ada nobar quick count di DPC, Mas Eri Cahyadi juga akan mengecek di kamar hitung PDI Perjuangan," ucapnya.

Berjalannya Pemilu 2024 ini, pihaknya akan terus berkomitmen untuk menjaga dan mengawal agar berjalan lancar sehingga tidak ada kecurangan yang terjadi.

"Sejak H-1, tadi malam juga para satgas (satuan tugas) juga berjaga bersama rakyat. Para kader PDI Perjuangan berjaga bersama rakyat melakukan patroli dan kami semua mengawasi agar Pemilu tidak ada kecurangan dan penyerangan yang itu dapat merusak demokrasi ini," ujar Pria lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga itu.

Dirinya berharap, agar perolehan suara untuk pasangan calon (Paslon) calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud Md bisa meraup banyak.

"Semoga perolehan suaranya tahun ini lebih tinggi dari kemarin, suara Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini juga bisa besar dan tentu untuk PDIP juga," ucap Cak Awi.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pileg, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
Baca juga: Cak Awi sebelum mencoblos pantau kesiapan saksi PDIP di Surabaya
Baca juga: Cak Awi gunakan hak suaranya di TPS 27 Penjaringansari Surabaya

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024