Jakarta (ANTARA) - Sutradara film, Awi Suryadi telah ditunjuk untuk menyutradarai adaptasi versi Indonesia dari "Batman: Unburied" dalam seri Spotify Original Podcast dengan judul "Batman Bangkit".

Tayang pada Bulan Mei 2022 di Spotify Indonesia, proyek podcast ini membawa proyek taraf internasional ke Indonesia, dengan melibatkan talenta berbakat di tanah air untuk mengisi suara karakter-karakternya, seperti Ario Bayu sebagai Bruce Wayne/Batman, Alex Abbad sebagai The Riddler, dan Aurelie Moeremans sebagai Kell.

Baca juga: "Kesempatan Keduda" cerita ringan para duda mencari kebahagiaan

Adaptasi podcast ini merupakan proyek pertama dari perjanjian multi-tahunan antara Spotify dengan Warner Bros. dan DC Comics. Diumumkan pertama kali pada tahun 2020, kolaborasi ini mengusung serangkaian podcast narasi yang mengeksplorasi dunia dari para superhero dan penjahat yang populer. David S. Goyer, penulis The Dark Knight Rises akan menjadi produser eksekutif untuk seri baru orisinil ini.

Di Indonesia, Awi Suryadi akan mengadaptasi cerita ini dalam format audio dan dalam Bahasa Indonesia bersama sederet aktor terkemuka.

"Saya merasa terhormat untuk menjadi bagian dari tim global yang menghidupkan cerita adaptasi Batman ini, tokoh superhero yang saya cintai dan menemani saya tumbuh. Mendapatkan kesempatan untuk memberikan sentuhan Indonesia pada alur cerita yang terkenal bersama Spotify, Warner Bros., dan DC Comics adalah pengalaman yang cukup mengesankan sekaligus menggembirakan," ujar Awi dikutip dari siaran pers pada Kamis.

Baca juga: Robert Pattinson kembali bintangi sekuel "The Batman"

Sebagai sutradara dari 22 film sejak 2006, termasuk "Danur" (2017) yang terkenal dan menjadi film peraih pendapatan kotor tertinggi keempat di Indonesia di tahun tersebut, Awi akan mengadaptasi Batman Bangkit di Spotify dengan gaya mencekam.

Digambarkan sebagai genre thriller psikologis, podcast "Batman: Unburied" akan menampilkan karakter pendamping yang membangkitkan ketegangan dan mendorong keseluruhan alur cerita, seperti penyiar siaran malam radio yang memberitakan mengenai peristiwa-peristiwa kriminal di Gotham City.

Inilah salah satu perspektif unik yang ditawarkan Awi, mengingat sebagian besar pendengar Indonesia tertarik dengan konten horor dan akrab dengan siaran berita radio tengah malam.

"Saat ini, melalui kekuatan dari dunia podcasting dan format audio, kita akan dapat menyelami pikiran Bruce Wayne secara lebih mendalam lagi dan dengan demikian memperoleh pemahaman lebih jauh mengenai pahlawan yang kita kenal dan cintai," kata Awi.

"Batman Bangkit" merupakan thriller psikologis yang akan membawa pendengar menjelajah jauh ke dalam alam pikiran Bruce Wayne, menyuguhkan alur cerita berkelok-kelok yang menegangkan dengan sejumlah penjahat super yang sebelumnya sudah hadir di cerita-cerita Batman.

Ketika pendengar bertemu dengan Bruce Wayne, ia merupakan seorang ahli patologi forensik yang bekerja di Rumah Sakit Gotham dan ditugaskan untuk memeriksa para korban dari The Harvester, seorang pembunuh berantai yang memangsa warga Gotham.

Wayne tidak hanya harus berhadapan dengan iblis dalam pikirannya sendiri, tapi ia juga harus mampu menaklukkan mereka agar dapat menyelamatkan warga Gotham dengan menggunakan alter-egonya, Batman.

"Memerankan karakter favorit masa kecilku memberikan kepuasan luar biasa. Aku masih ingat jelas dulu sebelum pergi tidur, cerita Batman membawa imajinasiku kepada sosok superhero yang misterius dan memiliki sisi gelap," kata Ario.

"Ini juga menjadi inspirasiku untuk menjadi seorang aktor. Sekarang aku memainkan karakter untuk konten drama audio, sebuah format yang tidak asing lagi bagiku. Aku berharap Spotify dapat membawa lebih banyak kesempatan dan inovasi seperti ini di masa yang akan datang," lanjutnya.

"Batman: Unburied" podcast juga diadaptasi dan dirilis secara global di Amerika Serikat, Amerika Latin, Brazil, Prancis, Jerman, India, Itali, dan Jepang.

Baca juga: Lembar komik asli "Death of Superman" laku Rp7,3 miliar

Baca juga: "The Batman" akan tayang pada 18 April di HBO GO

Baca juga: Kisah baru Batman hadir lewat siniar Spotify, disuarakan Ario Bayu

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022