kita mengetahui dan mengantisipasi gaya permainan Jateng itu. Pada akhirnya kita bisa memenangi pertandingan tersebut.
Jakarta (ANTARA News) - Tim bola voli putri Jawa Barat (Jabar) merebut emas setelah menaklukkan Jawa Tengah (Jateng) pada laga final dengan skor 3-0 dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis.

Kemenangan tersebut membalas kekalahan Jabar saat dibekuk Jateng di babak penyisihan dengan skor 3-1.

"Kami bersyukur dan puas bisa mengalahkan Jateng yang sebelumnya kami ditundukkan di penyisihan. Selain itu, kami bisa memenuhi target medali emas," ujar Pelatih Tim Bola Voli Putri Jabar, Risco Herlambang, saat ditemui usai pertandingan.

Menurut dia, dengan kekalahan timnya terhadap Jateng di babak penyisihan, pihaknya mengevaluasi dan mengantisipasi permainan Jateng.

"Saat bertemu kembali dengan Jateng di final, kami sudah mengetahui permainan Jateng dan mengantisipasinya dengan menerapkan permainan terbuka," ujar dia.

Ia mengatakan bahwa permainan terbuka itu dengan mematikan bola-bola cepat dari pengumpan (tosser).

"Kunci kemenangan kali ini, yaitu dengan mematikan bola cepatnya," kata dia.

Ketika disinggung apa yang menjadi faktor kebangkitan tim Jabar, dia mengungkapkan bahwa para pemain ingin membalas kekalahan di penyisihan grup sekaligus memenuhi target medali emas.

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Tim Bola Voli Putri Jabar Tri Retno Mutiara Lutfi mengatakan bahwa kemenangan itu berkat kerja tim yang solid.

"Meskipun sempat kalah di babak penyisihan kala berjumpa dengan Jateng dengan skor 3-1, kami bangkit berkat motivasi dari pelatih, orang tua, serta doa," kata dia.

Menurut Tiara, demikian dia biasa dipanggil, sebenarnya permainan Jateng di final itu sama saat timnya dikalahkan mereka di babak penyisihan.

"Sehingga di final kita mengetahui dan mengantisipasi gaya permainan Jateng itu. Pada akhirnya kita bisa memenangi pertandingan tersebut," ujar dara yang berusia 16 tahun itu.

Di set pertama, pertandingan berlangsung seimbang. Kejar-mengejar angka terjadi sejak awal pertandingan. Smash keras Mutiara membuat Jabar memimpin 20-18. Angka sempat sama 22-22. Akan tetapi, akhirnya Jabar memenangi set pertama 25-22.

Di set kedua, Jabar memulai inisiatif dengan smash-smash keras, Jabar pun memimpin sejak awal dengan selisih poin cukup jauh 17-12. Lewat smash keras Mutiara akhirnya Jabar menyelesaikan set kedua 25-17.

Di set penentuan, Jabar mengerahkan segenap kemampuannya. Permainan terbuka diperlihatkan tim Jabar. Namun, mereka tak lupa untuk bertahan. Hingga pada akhirnya Mutiara dan kawan-kawan mengungguli Jateng 25-21.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013