Kami minta KPPS untuk dibuatkan catatan kejadian khusus dan lakukan pelayanan sepanjang surat suara masih tersedia
Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur memberikan penambahan waktu kepada warga yang ingin mencoblos surat suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang terdampak banjir.
 
"Karena TPS terkena banjir dan terlambat buka, maka ada penambahan waktu sesuai dengan dimulainya pemungutan suara," kata Ketua Divisi Teknis KPU Jaktim Carlos Paath ketika dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Dia mencontohkan bagi TPS yang mulai pemungutan suara pada pukul 09.00 WIB, maka diberikan penambahan waktu hingga pukul 15.00 WIB.
 
Dia pun meminta petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membuat catatan kejadian khusus, seperti kasus banjir.
 
"Kami minta KPPS untuk dibuatkan catatan kejadian khusus dan lakukan pelayanan sepanjang surat suara masih tersedia," kata Carlos.
 
Ketua Satgas BPBD DKI Korwil Jakarta Timur Sukendar mengatakan sebanyak empat TPS di wilayah Jakarta Timur yang terdampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Rabu dini hari.
 
Empat TPS itu berada di Kecamatan Cakung, yakni 3 TPS di Kelurahan Cakung Timur (3 TPS) dan satu TPS 60 RT 07/RW 05 Kelurahan Rawa Terate.
 
"Ketinggian air di Rawa Terate mencapai 80 sentimeter (cm), dan di Kelurahan Cakung Timur mencapai 60 cm. Namun, saat ini sudah surut seiring berhentinya guyuran hujan di kawasan tersebut," kata dia.
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Korwil Jaktim tengah membantu warga yang ingin mencoblos menggunakan perahu karet akibat TPS 60 mengalami banjir akibat hujan mengguyur wilayah Jakarta di Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (14/2/2024). ANTARA/HO-BPBD DKI Jakarta
 
Pihaknya pun mengerahkan perahu karet untuk mengevakuasi kotak suara yang berada di TPS 60 Kelurahan Rawa Terate.
 
Bahkan, petugas BPBD pun membantu masyarakat yang ingin datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya dengan perahu karet.
 
"TPS 60 terpaksa dipindah ke lokasi lain yang lebih aman karena airnya cukup tinggi," kata Sukendar.
Baca juga: KPU Jakarta sebut 18 TPS lakukan pemilihan susulan karena banjir
Baca juga: 34 TPS di Kota Tangerang terdampak banjir
Baca juga: Wali Kota Semarang: 12 TPS terdampak hujan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024