Jakarta (ANTARA) - Suasana semarak terlihat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10, Depok, Jawa Barat tempat Ayu Ting Ting mencoblos, yakni penggunaan tema budaya Betawi yang menghiasi TPS serta kompaknya para petugas KPPS mengenakan pakaian ala Abang-Mpok Betawi.

Saat Ayu beserta rombongan keluarganya datang ke TPS 10 pada Rabu, rombongan disambut dengan spanduk besar bertuliskan TPS 10 bertema ondel-ondel dan hiasan kembang kelapa di bagian pagar TPS yang membuat para pemilih terlihat senang dan menikmati daya tarik unik di TPS 10 tersebut.

“Unik ya, bagus. Toh lima tahun sekali kita pemilu, bolehlah sekali-sekali pakai nuansa kayak begini,” kata Neneng, salah satu warga Depok yang ikut memilih di TPS 10.

Para pemilih yang mengantre untuk mencoblos dalam di TPS 10 kawasan Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Hiasan kembang kelapa yang menghiasi TPS memiliki makna mendalam bagi masyarakat Betawi dan warga Depok. Kembang kelapa merupakan simbol kemakmuran yang merujuk tempat Bandar Kelapa, yakni Pelabuhan Sunda Kelapa pada masa lampau.

Baca juga: Ayu Ting Ting semangat "nyoblos" untuk Pemilu 2024

Baca juga: TPS 026 Denpasar beri hadiah cokelat khas Valentine bagi pemilih


Hiasan kembang kelapa ini terlihat meriah menghiasi pagar TPS 10 dengan kokoh, meskipun sempat diguyur hujan deras saat pagi tadi. Panitia penyelenggara pun menambahkan ikon ondel-ondel untuk spanduk depan TPS 10, sehingga menambah kentalnya tema budaya Betawi di sana.

Tidak hanya itu, para petugas KPPS (selain aparat keamanan) juga terlihat kompak mengenakan pakaian Abang-Mpok khas Betawi dengan ragam warna cerah. Untuk petugas laki-laki, mereka mengenakan pakaian ala Abang Betawi lengkap dengan kopiah dan sarung yang dikalungkan di leher mereka.

Para petugas KPPS di TPS 10 kawasan Depok, Jawa Barat, tempat Ayu Ting Ting mencoblos di Pemilu 2024 hari ini (14/2/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Beda halnya dengan petugas perempuan yang mengenakan pakaian ala Mpok dengan bawahan kain batik Betawi dan kerudung. Mereka pun terlihat semangat melayani para pemilih yang datang, meskipun antrean pemilih cukup banyak siang tadi.

Tidak terkecuali dengan Ayu Ting Ting beserta rombongannya yang datang ke TPS 10. Para petugas terlihat cekatan membantu mereka dan selesai dalam waktu 15 menit saja.

Di Pemilu kali ini, Ayu Ting Ting berharap pemimpin Indonesia selanjutnya dapat membawa perubahan yang lebih baik. Dia pun merasa antusias dan senang dapat memilih di Pemilu 2024 hari ini.

Penyanyi Ayu Ting Ting saat mencoblos untuk Pemilu 2024 di TPS 10 kawasan Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
“Senang banget hari ini, kebetulan memang acara pagi semua libur. Senang bareng sama keluarga dan alhamdulillah tidak pernah golput,” kata Ayu.

Dia menambahkan, “Semoga siapa pun yang terpilih bisa menjadi yang terbaik bagi Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Baca juga: TPS di Lampung gunakan pakaian adat meriahkan Pemilu 2024

Baca juga: TPS Benda Kerep Cirebon gunakan tinta kunyit untuk lestarikan tradisi


Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024