Jakarta (ANTARA) - Google turut menyambut hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Indonesia melalui gambar di mesin pencari mereka, Doodle.

Sebagaimana dipantau ANTARA, Rabu, Google Doodle menampilkan kotak suara dengan Bendera Merah Putih tepat di bagian tengah. Di atasnya terdapat kertas putih yang hendak dimasukkan ke dalam kotak.
 
Saat diklik, gambar tersebut mengarahkan pengguna ke laman pencarian Google Search dengan kata kunci "Indonesia National Elections" atau Pemilu Nasional Indonesia.

Terdapat berbagai informasi mengenai pesta demokrasi lima tahunan di tanah air, seperti artikel berita dan video dari berbagai situs dan saluran berbahasa Inggris.

Baca juga: Google Doodle meriahkan perayaan 17 Agustus 2023

Baca juga: Google Doodle tampilkan wajah "Goodfather of Broken Heart" Didi Kempot


Doodle merupakan kreasi temporer untuk laman pencarian Google yang memperingati sebuah peristiwa, misalnya tokoh tertentu atau hari libur keagamaan.

Google Doodle biasanya dirancang dalam bentuk interaktif, ada kalanya berupa gambar bergerak atau pengguna bisa mengklik ikon-ikon tertentu dalam gambar untuk mendapatkan informasi.

Google Doodle pertama dibuat pada 1998 untuk menandai festival Burning Man untuk memberi tahu kepada pengguna jika sewaktu-waktu server mereka bermasalah.

Sejak saat itu, Google rutin membuat Doodle untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dan bentuknya bisa berbeda di setiap negara tempat perusahaan tersebut beroperasi.

Di Indonesia, Google membuat Doodle, antara lain saat hari raya Lebaran, Natal, atau ulang tahun tokoh-tokoh besar.

Baca juga: Google Doodle rayakan angklung hari ini

Baca juga: Google Doodle hadirkan sosok jurnalis Siti Latifah Herawati Diah

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024