Jadi, kami pastikan pemilu di lapas ini menjunjung tinggi asas langsung, umum, bersih, jujur, dan adil.
Ambon (ANTARA) - Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka meraih suara terbanyak dari total warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Ambon, Maluku.

"Berdasarkan hasil penghitungan suara pilpres di Lapas Kelas II A Ambon, pasangan calon nomor urut 2 memperoleh 267 suara dari total surat suara yang sah 411 surat suara," kata Kepala Lapas Kelas I IA Ambon Mukhtar di Ambon, Rabu.

Dua pasangan calon lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md., masing-masing meraih 72 suara.

Mukhtar mengatakan bahwa hasil penghitungan suara tersebut merupakan hasil murni dari warga binaan dan petugas yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 431 orang.

Ia menyebutkan 401 orang di antaranya warga binaan, sedangkan 30 orang merupakan petugas setempat.

Saat ini pihaknya masih melanjutkan penghitungan suara untuk calon anggota legislatif tingkat kota/kabupaten dan provinsi.

Terlepas dari hal tersebut, Mukhtar bersyukur pemilu di TPS Lapas kelas II A Ambon dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

"Alhamdulillah, warga binaan dan petugas bisa menyalurkan suaranya pada pemilu kali ini dengan aman, tertib, dan lancar," katanya.

Sementara itu, di Lapas Perempuan Kelas III Ambon, pasangan Prabowo-Gibran juga mengungguli pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara 40 suara dari total 48 narapidana yang memilih.

Kepala Lapas Perempuan Kelas III Fifi Firda memastikan kenetralan petugas lapas bersifat netral dan tidak memihak kepada sosok atau figur tertentu.

"Jadi, kami pastikan pemilu di lapas ini menjunjung tinggi asas langsung, umum, bersih, jujur, dan adil," ucapnya.

Baca juga: 13.630 warga binaan coblos di TPS khusus rutan dan lapas di Jakarta
Baca juga: Warga binaan Rutan Wates Kulon Progo gunakan hak pilih Pemilu 2024


Pemilu 2024 meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, pemilu anggota DPRD provinsi, dan pemilu anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, KPU RI mengumumkan peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pemilu anggota legislatif (pileg) juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024