Jakarta (ANTARA) - Tim balap McLaren siap untuk tampil kompetitif di Formula 1 musim 2024 dengan mobil MCL38 yang mereka luncurkan di Silverstone, Inggris, Rabu.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, MCL38 yang akan menjadi tunggangan duo pembalap Lando Norris dan Oscar Piastri musim ini masih membawa warna oranye pepaya khas tim, dengan pembaruan mesin dan teknis yang diharapkan akan membuat tim menjadi lebih kompetitif seperti pada pertengahan dan akhir musim lalu.

“Senang sekali melihat mobil baru kami dengan livery 2024 di trek dan melihat kerja keras serta dedikasi tim bersatu,” kata CEO McLaren Racing Zak Brown.

Ia melanjutkan, McLaren akan berusaha untuk melanjutkan tren peningkatan mereka baru-baru ini dengan MCL38, setelah membalikkan awal yang buruk di tahun 2023 melalui paket peningkatan besar-besaran di pertengahan musim yang membuat mereka berubah dari kesulitan mencetak poin menjadi berjuang untuk naik podium.

“Kami semua bersemangat untuk kembali balapan, tapi kami tahu musim masih panjang di depan dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan kami melanjutkan kemajuan yang kami buat sepanjang tahun 2023,” kata Brown.

Baca juga: Norris tak khawatir dengan Verstappen, siap rebut gelar juara dunia
Baca juga: Norris ungkap alasan utama bertahan dengan McLaren


Skuad yang dipimpin oleh Kepala Tim McLaren Andrea Stella itu berhasil naik ke posisi keempat klasemen konstruktor pada akhir tahun, di belakang Red Bull, Mercedes dan Ferrari, serta mendahului Aston Martin di akhir tahun.

Selain perombakan struktural sebelum pembaruan tersebut tiba di jalurnya, upaya McLaren untuk tahun 2024 juga didorong oleh serangkaian kedatangan para profesional terkenal, yaitu mantan kepala teknik Red Bull Rob Marshall dan mantan spesialis aerodinamis Ferrari David Sanchez.

“Memasuki tahun ini, kami berupaya untuk memanfaatkan momentum musim lalu, namun tetap realistis dengan mengetahui bahwa setiap tim akan membuat kemajuan dan menemukan daya saing untuk mobil 2024 mereka,” kata Stella.

“Kini kami sudah memiliki segalanya dari sudut pandang infrastruktur, sumber daya manusia, dan budaya sehingga kami terus bergerak maju dan melanjutkan upaya yang telah dilakukan untuk membawa kami kembali ke jaringan terdepan,” ujarnya menambahkan.

Stella menjelaskan, beberapa hal baru di MCL38 harus diuji sebelum musim 2024 dimulai. Beberapa di antaranya adalah menguji kecepatan, hingga peningkatan di beberapa area teknis.

“Ada sejumlah inovasi pada mobil ini, tapi belum semua area yang ingin kami tangani telah selesai untuk spesifikasi lengkap dalam peluncuran kami. Area-area tersebut sekarang menjadi fokus pengembangan kami, yang sedang berlangsung,” kata Stella.

Baca juga: Norris perpanjang kontrak multi-tahun bersama McLaren

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024