Dengan harapan nantinya akan menghasilkan Pemilu 2014 yang bersih, berkualitas dan bermartabat."
Manado (ANTARA News) - Bawaslu Pusat menggelar pelatihan pengawasan pemilu bagi media massa dan organisasi kemasyarakatan di Manado, Sulawesi Utara.

Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaswlu) Pusat, Endang Widhaningtyas di Manado Kamis mengatakan peran organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan media masa sangat signifikan dalam pengawasan Pemilu.

"Peran Ormas dan media massa dalam proses pengawasan sangat diperlukan," katanya.

Kepala Bagian Humas dan AntarLembaga Bawaslu, Hengky Pramono mengatakan, penyelanggaraan pelatihan itu berdasarkan UU Nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara Pemilu, di mana salah satu tugas pengawas Pemilu melalui upaya pencegahan pelanggaran Pemilu.

Bentuk pencegahan pelanggaran Pemilu di antaranya dengan memberdayakan ormas dan media massa di berbagai provinsi di Indonesia untuk mengetahui lebih banyak tentang seluk beluk dan potensi-potensi pelanggaran Pemilu.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program Bawaslu RI untuk melakukan koordinasi hubungan antarakelembagaan dalam rangka pengawasan proses Pemilu legislatif dan presiden tahun 2014.

Kegiatan seperti ini telah dilaksanakan di berbagai provinsi sejak tahun 2012 dan akan terus berlanjut.

Tujuaan pelaksanaan kegiataan ini adalah menggalang koordinasi antarpemangku kepentingan terutama dari kalangan Ormas dan media massa untuk bersama-sama melakuan pengawasan atas tahapan Pemilu 2014. "Dengan harapan nantinya akan menghasilkan Pemilu 2014 yang bersih, berkualitas dan bermartabat," katanya.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung 19-21 September 2013 di Hotel Novotel Manado dan diikuti sekitar 80 peserta. (J009/KWR)

Pewarta: Jorie M R Darondo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013