Kami ucapkan terima kasih pada pelanggan yang telah menggunakan transportasi kereta api, yang juga telah melaksanakan hak pilihnya
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya membagikan ratusan bunga mawar dan cokelat kepada pelanggan KA jarak jauh yang telah menggunakan hak pilih mereka pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serta melakukan pembelian tiket menggunakan aplikasi Access by KAI.

Manajer humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan apresiasi pada pelanggan yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024, sekaligus untuk meningkatkan layanan yang telah menggunakan kereta api sebagai transportasi utama dalam mendukung mobilitas.

"Sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih KAI, kami membagikan ratusan bunga mawar dan cokelat di beberapa stasiun dan juga KA di wilayah Daop 8 Surabaya. Kami ucapkan terima kasih pada pelanggan yang telah menggunakan transportasi kereta api, yang juga telah melaksanakan hak pilihnya," ujar Luqman Arif.

Luqman menambahkan seluruh aktivitas layanan perkeretaapian berjalan lancar dan tidak ada kendala selama kegiatan kampanye maupun saat pemilu berlangsung.

Baca juga: KAI catat jumlah penumpang meningkat 20 persen jelang Pemilu 2024

Sementara dari sisi pelanggan KA jarak jauh, okupansi pelanggan mengalami peningkatan jelang dan saat Pemilu 2024.

"Okupansi tertinggi terjadi pada Senin (12/2) di Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 4.965 pelanggan, kemudian Stasiun Surabaya Gubeng 3.952 pelanggan, Stasiun Malang 2.856 pelanggan, dan stasiun lain di Daop 8 Surabaya," ucapnya.

Sementara itu okupansi pelanggan pada hari Rabu (14/2), berdasar data hingga pukul 11.00 WIB, tercatat sebanyak 11.815 pelanggan yang melakukan keberangkatan dari Daop 8 Surabaya.

Luqman Arif menjelaskan mayoritas pelanggan didominasi dengan KA tujuan Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, dan juga Jember serta Banyuwangi.

"KAI berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pelanggan selama periode pemilihan umum, sehingga perjalanan kereta api tetap menjadi pilihan transportasi yang aman dan efisien bagi masyarakat," kata Luqman Arif.

Baca juga: Daop Surabaya catat 95.522 orang gunakan kereta api saat libur panjang

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024