Surabaya (ANTARA) -
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiagakan 581 pasukan gabungan keamanan dan ketertiban (Kamtib) yang terdiri atas 134 Polsuska, 378 security, serta 69 unsur TNI/Polri selama masa angkutan Lebaran 2024.

Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya Wisnu Pramudyo usai Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024 di halaman kantor Daop 8 Surabaya, Jumat, mengatakan pelaksanaan posko tersebut untuk memastikan operasional perjalanan kereta api aman serta pelayanan kepada pelanggan berjalan optimal.
 
"KAI Daop 8 telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI Daop 8 mencakup SDM, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan," ucapnya.

Baca juga: Daop 8 Surabaya operasikan 54 KAJJ selama periode Lebaran 2024

Terkait mitigasi gangguan perjalanan KA, pihaknya telah memetakan sembilan daerah perhatian khusus, dengan mengerahkan 98 personel ekstra yang terdiri atas 41 petugas pemeriksa jalur ekstra, 30 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 27 petugas daerah pemantauan khusus.
 
"Ada yang rawan amblesan atau tanah labil, banjir, longsor hingga bangunan hikmat rawan," ucapnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat.
 
Selain itu, lanjutnya, juga meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat sekitar.
 
Tak hanya itu, sebanyak 59 lokomotif dan 451 gerbong kereta, dan 16 KRD dipastikan keandalan sarana dengan melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan maupun kesiapoperasian lokomotif dan kereta untuk memastikan dalam kondisi prima.
 
"Dari sisi fasilitas, KAI Daop 8 juga telah mempersiapkan dengan optimal, mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan," ujar Wisnu.

Baca juga: 32 ribu tiket KA dari Stasiun Malang terjual saat masa Lebaran

Baca juga: Daop Surabaya catat 180.022 orang pesan tiket KA pada Lebaran 2024
 
Wisnu menambahkan sebagai upaya menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak, meliputi Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Basarnas, anggota komunitas pecinta kereta api, serta pihak-pihak lainnya.
 
"Semoga dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek tersebut, angkutan Lebaran dengan kereta api dapat berjalan aman, sehat, selamat, lancar, terkendali. Hal ini menjadi bagian dari komitmen KAI Daop 8 guna mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna pada masa angkutan Lebaran 2024," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024