Pada masa angkutan Lebaran, saat ini penjualan tiket keberangkatan dari Stasiun Malang tercatat sebanyak 32.283 tiket telah dipesan oleh masyarakat
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya mencatat sebanyak 32.283 tiket kereta api (KA) pada masa angkutan Lebaran 2024 periode 31 Maret hingga 21 April 2024 telah terjual.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif saat dikonfirmasi dari Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, mengatakan bahwa data penjualan tiket kereta api selama masa angkutan Lebaran tersebut akan terus bergerak selama penjualan masih berlangsung.

"Pada masa angkutan Lebaran, saat ini penjualan tiket keberangkatan dari Stasiun Malang tercatat sebanyak 32.283 tiket telah dipesan oleh masyarakat," kata Luqman.

Luqman menjelaskan, dari total tiket sebanyak 32 ribu yang telah terjual tersebut, terbagi dari penjualan pada saat arus mudik sebanyak 16.018 tiket, sementara pada masa arus balik telah terjual sebanyak 14.482 tiket.

Menurut dia, selama masa angkutan Lebaran tersebut, KAI Daop 8 Surabaya menjalankan 12 perjalanan kereta api jarak jauh yang diberangkatkan dari Stasiun Malang. Sebanyak 12 kereta api tersebut, empat diantaranya merupakan kereta api tambahan.

"KAI Daop 8 Surabaya menjalankan 12 perjalanan kereta api jarak jauh keberangkatan Stasiun Malang, yang terdiri delapan perjalanan kereta api reguler dan empat kereta api tambahan," tambahnya.

Ia menambahkan, kapasitas tempat duduk kereta api yang disediakan PT KAI Daop 8 Surabaya dari Stasiun Malang per hari mencapai 6.333 tempat duduk, yang terdiri dari 4.413 untuk kereta api reguler dan 1.920 tempat duduk dari kereta api tambahan.

Sejumlah kereta api favorit selama masa angkutan Lebaran dari Stasiun Malang, diantaranya adalah Kereta Api Matarmaja relasi Malang-Pasar Senen, Kereta Api Jayabaya relasi Malang-Pasar Senen, dan Kereta Api Tawang Alun relasi Malang-Ketapang, Banyuwangi.

Secara keseluruhan, ada sebanyak 139.320 kapasitas tempat duduk yang disediakan dari 12 perjalanan kereta api jarak jauh selama masa Angkutan Lebaran 2024, yang terbagi dari 97.080 tempat duduk untuk kereta api reguler dan 42.240 tempat duduk untuk kereta api tambahan.

Empat kereta api tambahan tersebut dioperasikan untuk perjalanan relasi favorit antara lain adalah Kereta Api Arjuno Ekspres relasi Malang-Surabaya Gubeng, Kereta Api Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir, Kereta Api Malioboro Ekspres relasi Malang-Purwokerto dan Kereta Api Malabar (pagi) relasi Malang-Bandung.

Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Baca juga: Daop 8 siapkan 59 lokomotif dan 341 kereta penumpang Lebaran 2024
Baca juga: Daop 8 merilis 28 KA harga "Ramadhan Festive 2024"
Baca juga: Daop 8 operasikan kereta ekonomi "New Generation"

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024