Jakarta (ANTARA) -
Salah satu tren kamera yang berkembang dalam beberapa waktu terakhir untuk ponsel pintar ialah kehadiran kamera periskop.
 
Lensa yang dikenal lebih jauh dengan nama lensa telefoto periskop itu diketahui memberikan hasil jepretan bak kamera profesional atau DSLR kepada penggunanya.
 
Lensa tersebut digadang mampu menghasilkan gambar dengan lebih tajam dan lebih detail dibandingkan kamera smartphone dengan resolusi besar.

Baca juga: realme pertegas perbedaan karakter tiap lini ponsel

Baca juga: realme GT5 Pro dirilis hadirkan kamera zoom periskop

 
Dalam siaran pers Realme, Rabu, lensa telefoto periskop dijelaskan memiliki cara kerja di smartphone dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional.

Cahaya memasuki lensa dan dipantulkan melalui serangkaian prisma atau cermin sebelum mencapai sensor gambar.
 
Hal ini memungkinkan lensa pada smartphone memiliki panjang focal yang lebih besar dibandingkan dengan lensa konvensional, sehingga meningkatkan kemampuan zoom optik.
 
Ada sejumlah kelebihan dari lensa telefoto periskop, seperti zoom optik yang lebih tinggi dibandingkan dengan lensa konvensional yang masih digunakan di smartphone pada umumnya.
 
Kelebihan lainnya terdapat pada kualitas gambar yang lebih baik di mana lensa telefoto periskop menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail daripada lensa dengan zoom digital.
 
Begitu juga jika dibandingkan dengan kamera dengan resolusi besar, di mana membutuhkan proses pemotongan gambar lanjutan.
 
Walaupun membutuhkan konfigurasi yang lebih, namun teknologi lensa telefoto periskop juga dapat tetap dihadirkan dengan membuat desain smartphone tetap tipis dan lebih ringkas, bahkan jika dibandingkan dengan smartphone dengan lensa zoom konvensional.
 
Penemuan lensa periskop pada smartphone menjadi terobosan yang mengesankan sebab kini para pengguna tidak perlu bergantung lagi pada kamera DSLR yang memiliki ukuran besar.
 
Lensa telefoto periskop saat ini telah menjadi tren baru dalam smartphone dan biasanya hanya ditemukan pada ponsel flagship dan premium.
 
Menariknya, di awal 2024 ini realme telah mengonfirmasi kehadiran lensa periskop di dalam lini ponsel midrange-nya Number Series melalui realme 12 Series 5G yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

Baca juga: realme GT5 Pro pasang Snapdragon 8 Gen 3 dan lensa telefoto periskop

Baca juga: realme 11 Pro Series resmi meluncur, tawarkan kamera hingga 200MP

 
“Seiring dengan tren fotografi yang semakin marak khususnya di kalangan anak muda, saat ini kami tengah mempersiapkan kehadiran realme 12 Series 5G, yang akan menjadi smartphone pertama di segmennya dengan menghadirkan teknologi lensa telefoto periskop," kata Marketing Director realme Indonesia Ellen Zhou.

Ellen meminta penggemar realme atau pun yang menantikan ponsel ini.

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024