Kita tidak pernah membahas poros tengah. Poros tengah kan yang dulu, sekarang semua poros
Semarang (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa menegaskan bahwa PAN tidak pernah membicarakan wacana poros tengah seperti yang banyak dibicarakan elit partai politik berbasis massa Islam saat ini.

"Kita tidak pernah membahas poros tengah. Poros tengah kan yang dulu, sekarang semua poros" katanya di Semarang, Jumat.

Hal tersebut disampaikan Hatta saat transit di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sebelum melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekalongan, Provinsi Jateng, untuk menghadiri acara seminar praktik kebijakan inovatif untuk mempercepat dan memperluas pembangunan ekonomi di daerah otonom.

Sebelumnya di Jakarta, Selasa (17/9), Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan juga telah menegaskan bahwa partainya tidak pernah membicarakan poros tengah.

"PAN saat ini fokus pada upaya optimalisasi pemenangan pada Pemilu Legislatif 2014 sehingga tidak relevan jika berbicara koalisi saat ini," ujarnya.

Menurut Bara, koalisi akan dibicarakan setelah saat pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun depan.

"Memunculkan koalisi poros tengah seperti Pemilu 1999, sambungnya, juga tak sesuai dengan kondisi perpolitikan Tanah Air dewasa ini. Terlebih, ketika berbicara koalisi, juga membutuhkan sejumlah persamaan pandangan bagi parpol-parpol yang akan menggalang koalisi," katanya.

Seperti diwartakan, sejumlah politikus parpol berbasiskan massa Islam sedang aktif melakukan pertemuan yang disebut sebagai Forum Umat Islam Indonesia.

Pengamat menilai sulit untuk mengulang kembali terbentuknya poros tengah seperti pada Pemilu 1999.

Sejumlah partai yang pernah bergabung di poros tengah waktu itu diantaranya PAN, PPP, PKB, PBB, Partai Keadilan (sekarang Partai Keadilan Sejahtera), Partai Kebangkitan Umat (PKU), dan Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII).

Pewarta: Wisnu Adhi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013