Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Iga Swiatek mencapai perempat final Qatar Open untuk tahun ketiga berturut-turut dan saat bersamaan sesama juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka juga mencapai delapan besar tanpa memukul bola.

Juara bertahan dua kali WTA 1000 itu mengalahkan unggulan ke-14 Ekaterina Alexandrova 6-1, 6-4.

Petenis Polandia berusia 22 tahun itu akan menghadapi juara Doha dua kali lainnya, Victoria Azarenka, dalam perempat final hari ini.

Mantan peringkat satu dunia Azarenka mengalahkan unggulan kedelapan Jelena Ostapenko 6-0, 6-3 untuk kemenangan ketiganya atas petenis Latvia tersebut tahun ini.

Swiatek kini memiliki catatan menang kalah 11-1 di Doha. Satu-satunya kekalahannya dalam turnamen itu terjadi di tangan Svetlana Kuznetsova pada babak kedua 2020.

Osaka melaju setelah petenis Ukraina Lesia Tsurenko, yang mengalahkan unggulan keempat Ons Jabeur pada babak kedua, mundur karena cedera siku.

Osaka akan bertemu mantan peringkat satu dunia, Karolina Pliskova, untuk memperebutkan tempat empat besar. Bintang Jepang itu melanjutkan comeback-nya setelah cuti hamil.

Baca juga: Nadal mundur dari Qatar Open

Petenis berusia 26 tahun itu lolos ke perempat final WTA pertamanya sejak mencapai final Miami Open dua tahun lalu.

Pliskova, yang meraih gelar pertamanya dalam empat tahun di Rumania pekan lalu, bangkit dari ambang kekalahan untuk mengalahkan remaja Ceko Linda Noskova 3-6, 7-5, 6-1.

Noskova memegang servis untuk menyamakan kedudukan 5-4 pada set kedua sebelum kalah melawan finalis Grand Slam dua kali, Pliskova.

Leylah Fernandez mengalahkan runner-up Australian Open Zheng Qinwen 7-5, 6-3.

Zeng yang merupakan unggulan kelima dari China, kehilangan posisi kuatnya pada set pembuka saat memimpin 5-3, ketika Fernandez mematahkan servisnya dua kali berturut-turut dan memenangi empat gim terakhir.

Fernandez kemudian mematikan servis Zheng pada gim keenam set kedua sebelum menutup dengan kemenangan.

"Saya sangat bersemangat, saya sangat senang dengan level permainan saya," kata Fernandez seperti dilaporkan AFP pada Kamis.

Baca juga: Osaka maju ke 16 besar, Jabeur & Gauff kalah di babak awal Qatar Open

Peringkat 38 dunia yang finalis US Open itu akan bertemu unggulan ketiga Elena Rybakina untuk memperebutkan tempat semifinal.

Rybakina bertahan dari perlawanan penuh semangat dari unggulan ke-16 asal Amerika Emma Navarro untuk menang 6-1, 6-7(6/8), 6-4.

Petenis Kazakhstan itu mendapatkan match point pada tie-break set kedua, namun Navarro yang sedang dalam performa terbaiknya setelah menjuarai turnamen Hobart tahun ini, memaksakan set penentuan.

Rybakina melakukan break untuk memimpin 3-2 dan menyelamatkan dua break point pada im terakhir untuk memastikan kemenangan.

"Itu pertandingan yang sulit," kata Rybakina. "Dia bermain sangat baik."

Anastasia Pavlyuchenkova juga melaju ke delapan besar setelah menang 7-5, 6-3 atas juara Wimbledon Marketa Vondrousova.

Baca juga: Raducanu tersingkir pada babak pertama Qatar Open

Katerina Siniakova, yang mengalahkan Coco Gauff pada babak kedua, tidak dapat melanjutkan kesuksesan sehari sebelumnya setelah kalah straight set dari Danielle Collins.
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024