Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China merilis sebuah rencana kerja, yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas jaringan pipa air bersih di daerah-daerah pedesaan di negara tersebut hingga 92 persen per akhir tahun ini.

Proyek-proyek penyediaan air bersih berskala besar juga diharapkan dapat melayani 63 persen populasi pedesaan di China pada akhir tahun ini, menurut rencana tersebut.

Kementerian itu mendesak daerah-daerah setingkat provinsi untuk memprioritaskan integrasi pasokan air perkotaan dan pedesaan, dan secara giat mendorong pembangunan proyek-proyek penyediaan air terpusat berskala besar di daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan suplai air perkotaan..

Selain itu, kementerian tersebut mengatakan bahwa upaya harus dilakukan untuk memajukan konstruksi yang terstandardisasi dan transformasi proyek penyediaan air bersih berskala kecil di tempat-tempat yang tidak dapat dicakup oleh integrasi pasokan air bersih perkotaan dan pedesaan maupun proyek penyediaan air bersih berskala besar.

Data sebelumnya menunjukkan bahwa cakupan jaringan pipa air bersih di daerah pedesaan China telah mencapai 90 persen pada 2023, naik 3 poin persentase dari akhir 2022.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024