Jayapura (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Jayapura, Papua, menyebutkan keluarga penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI naik 15 persen dari 12.789 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada 2023 menjadi 25.980 KPM pada 2024.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Jayapura Djong Makanuay di Jayapura, Kamis, mengatakan penambahan KPM pada 2024 sesuai dengan validasi data dari Kemensos RI berdasarkan data yang diserahkan oleh Dinsos setempat.

Baca juga: Pos Indonesia salurkan bansos PKH-BPNT ke 5.340 warga Wondama Papua 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Kemensos RI yang telah menyalurkan bantuan sosial baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun bahan pokok kepada warga Kota Jayapura," katanya.

Menurut Makanuay, dalam validasi data program KPM pihaknya selalu mengutamakan Orang Asli Papua (OAP) dan orang asli Port Numbay di daerah tersebut.

"Ke depan kami akan terus memperbaharui data KPM supaya masyarakat asli Port Numbay serta OAP dapat terbantu dengan program dari Kemensos," ujarnya.

Baca juga: Kemensos salurkan bansos kebutuhan dasar bagi warga Puncak Papua

Dia menjelaskan untuk bantuan sosial tahap I pada 2024 akan disalurkan kepada 25.980 KPM melalui PT Pos Indonesia Cabang Jayapura yang dimulai pada 15-20 Februari 2024.

Dia menambahkan, besaran anggaran untuk KPM khususnya yang menerima bantuan bahan pokok sebesar Rp225 ribu per bulan, sedangkan untuk PKH senilai Rp225 ribu hingga Rp3,9 juta yang dibayarkan pada periode Januari-Maret 2024.

Baca juga: Bulog mulai salurkan bansos ke lima provinsi di tanah Papua

"Kami berharap KPM dapat memanfaatkan bantuan ini secara baik guna pemenuhan kebutuhan keluarga serta dapat mengatasi kemiskinan ekstrem dan menekan inflasi di Kota Jayapura," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024