Data yang kami dapatkan ada 7.000 warga yang terdampak dan saat ini membutuhkan bantuan agar dapat tetap bertahan hidup
Timika (ANTARA) - Kementerian sosial (Kemensos) siap salurkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat pada dua distrik di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, yang sedang mengalami bencana kekeringan.

Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Adrianus Alla di Timika, Senin, mengatakan pihaknya dibantu oleh TNI Angkatan Udara (AU) membawa bansos dari Jayapura dan dari Jakarta.

"Besok Selasa (25/7) akan didistribusikan dari Timika ke Distrik Sinak di Kabupaten Puncak," katanya.

Menurut Adrianus, ada 17 ton bahan makanan, pakaian, dan selimut, yang akan disalurkan ke masyarakat yang terdampak kekeringan di Distrik Agandugume dan Lambewi di Kabupaten Puncak.

Baca juga: Dua distrik di kabupaten Puncak mengalami bencana kekeringan

"Data yang kami dapatkan ada 7.000 warga yang terdampak dan saat ini membutuhkan bantuan agar dapat tetap bertahan hidup," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk saat ini yang terpenting yakni memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dulu, karena jumlah yang cukup banyak sehingga memang sangat membutuhkan perhatian.

"Selain bansos dari Kemensos ada juga dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan didistribusikan melalui Distrik Sinak," katanya.

Dia menambahkan untuk proses evakuasi maupun tenaga medis yang akan disiapkan bagi masyarakat pada dua distrik ini akan dievaluasi kembali oleh Kemensos dan TNI.

"Saat ini kami utamakan kebutuhan makan, minum, serta pakaian dulu, agar ada langkah pertolongan pertama bagi masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Puncak beri bantuan makanan warga terdampak bencana kekeringan
Baca juga: TNI siap bantu modifikasi cuaca untuk antisipasi kekeringan
 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023