Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, Jawa Timur menyatakan bahwa pelaksanaan pemungutan suara se-wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 14 Februari 2024 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala berarti.

Anggota KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika, di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan pelaksanaan pemungutan suara di 33 kecamatan yang tersebar di wilayah tersebut, secara garis besar berjalan lancar.

"Pemungutan suara 14 Februari 2024 telah berjalan hingga tuntas. Secara garis besar berjalan lancar," kata Mahardika.

Mahardika menjelaskan, memang ada sejumlah kendala kecil yang harus diselesaikan oleh KPU Kabupaten Malang pada saat pelaksanaan pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurutnya, sejumlah kendala seperti adanya kekurangan surat suara, pemindahan TPS dan lainnya tersebut bisa diselesaikan secara cepat oleh KPU Kabupaten Malang dan pelaksanaan pemungutan suara bisa diselesaikan.

"Masalah yang muncul dapat diurai dan diselesaikan. Ada sejumlah kendala seperti kekurangan surat suara, pemindahan TPS dan lain-lain, namun bisa diselesaikan," katanya.

Ia menambahkan saat ini masih dilakukan proses tabulasi dan jika ada proses yang salah, sehingga harus dilakukan pemungutan suara ulang atau proses lain yang harus dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku, maka KPU Kabupaten Malang siap untuk melaksanakan.

"Masih kami tabulasi semua saat ini. Jika memang ada proses yang salah dan perlu dilakukan pemungutan suara ulang, atau proses lain sesuai regulasi yang berlaku, maka kami harus siap," katanya.

Berdasarkan catatan KPU Kabupaten Malang, di wilayah tersebut ada sebanyak 2.054.178 pemilih yang memiliki hak untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Dengan jumlah pemilih yang cukup banyak tersebut, KPU Kabupaten Malang menyiapkan 7.761 TPS.

Dengan jumlah pemilih yang cukup banyak itu, KPU Kabupaten Malang mengharapkan tingkat partisipasi masyarakat mencapai 79-80 persen.

KPU menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Kemudian, juga diusung oleh Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024