Kemudian juga konsentrasi perhatian pemerintah sudah bisa fokus lagi
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) periode 2023-2027 Joko Suranto mengatakan bahwa Pemilu satu putaran memberikan kepastian kepada industri properti.

"Atas kondisi sekarang kita Alhamdulillah bahwa Pemilu sudah terlaksana dengan baik, kemudian hasilnya juga sudah sama-sama kita ketahui dan kalau dari hasil hitung cepat berarti hanya akan satu putaran," ujar Joko kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Secara otomatis, lanjutnya, berarti pertama ada biaya yang dihemat dan kedua, segera bisa ada keyakinan serta kepastian sehingga aktivitas bisnis bisa berjalan.

Selain itu, Pemilu yang berlangsung satu putaran juga membuat konsentrasi pemerintah kembali fokus terhadap hal-hal yang seharusnya.

"Kemudian juga konsentrasi perhatian pemerintah sudah bisa fokus lagi untuk menjalankan apa yang seharusnya," kata Joko.

Sebagai informasi pada 14 Februari 2024 telah dilaksanakan pemilu serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Pemilihan presiden dan wakil presiden RI 2024 diikuti oleh tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei termasuk dari Charta Politika Indonesia dan Lembaga Survei KedaiKOPI pada Rabu (14/2) menyatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Calon presiden dan wakil presiden RI baru akan dilantik pada Oktober 2024.


Baca juga: REI: Butuh konsistensi pembiayaan atasi kesenjangan ketersediaan rumah
Baca juga: Jokowi minta pengembang rumah perhatikan dampak sosial dan lingkungan
Baca juga: Presiden minta REI manfaatkan peluang "backlog" perumahan 12,1 juta

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024