Untuk itu berbagai persiapan kita lakukan. Bandara akan menampilkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon untuk menyambut wisatawan
Medan (ANTARA) - Bandara Raja Sisingamangaraja XII di Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, berbenah guna persiapan menyambut Kejuaraan Dunia F1Powerboat pada 2-3 Maret 2024 di Danau Toba.

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun, Kamis, mengatakan Bandara Raja Sisingamangaraja XII adalah bandara terdekat ke Danau Toba tempat digelarnya F1Powerboat.

Bandara tersebut tentunya akan menjadi pintu masuk utama bagi pembalap, seluruh kru tim, delegasi dan wisatawan nusantara maupun wisatawan domestik yang ingin menyaksikan langsung event dunia F1Powerboat.

"Untuk itu berbagai persiapan kita lakukan. Bandara akan menampilkan sejumlah kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon untuk menyambut wisatawan," katanya.

Ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba turut ditampilkan, di samping juga adanya penampilan seniman lokal dengan menggunakan alat musik tradisional.

Lebih lanjut, Ardon Marbun mengatakan saat ini juga sudah dilakukan penyempurnaan dan beautifikasi di seluruh area bandara agar penyambutan terhadap delegasi dan wisatawan dapat maksimal.

"Penyempurnaan dan beautifikasi di seluruh area, seperti misalnya di boarding lounge dilakukan terhadap kursi penumpang pesawat, lalu juga penataan taman di airside maupun landside.”

Sementara itu terkait fasilitas dan infrastruktur, telah dilakukan uji keandalan fasilitas di sisi udara mencakup Airfield Lighting System (AFL), Precision Approach Path Indicator (PAPI), serta taxiway, apron dan runway.

"Ramp Check terhadap semua peralatan telah dilakukan,” ujar Ardon Marbun.

Kolaborasi juga dilakukan semakin erat dengan seluruh stakeholder antara lain maskapai, ground handling, Bea dan Cukai, Imigrasi, serta TNI dan Polri.

Adapun saat ini terdapat 4 maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Raja Sisingamangaraja XII, yaitu Citilink, Super Air Jet, Indonesia AirAsia dan Batik Air.

Ardon Marbun menuturkan slot time penerbangan dipastikan tersedia apabila ada permintaan penambahan penerbangan (extra flight) dari maskapai sejalan dengan digelarnya F1Powerboat 2024.

Baca juga: AP II: Fasilitas Bandara Sisingamangaraja XII siap jelang F1 Powerboat

Baca juga: Wisman di Bandara Sisingamangaraja XII naik 203,18 persen

Baca juga: Kemenhub ubah nama Silangit jadi bandara Sisingamangaraja

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024