KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini....
Medan (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara (Sumut) mulai hari Kamis ini sudah melayani penjualan tiket kereta api untuk angkutan Lebaran 1445 Hijriah untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran.

"Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, Call Center 121, aplikasi online travel agent (OTA) serta seluruh channel resmi pemesanan tiket yang bekerja sama dengan KAI," kata Manager Humas PT KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin, di Medan, Kamis.

Ia juga menyampaikan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang khususnya menjelang angkutan Lebaran kali ini, KAI akan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh yang diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id sejak tanggal 1 Februari 2024.

Sistem antrean tersebut diberlakukan dengan tujuan agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada peak season seperti musim Lebaran atau natal dan tahun baru.

"Pada peak season, dimana terjadi kepadatan pemesanan tiket, maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu. Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup window tersebut agar tetap terhubung dengan sistem dan pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa," ujar Anwar.

KAI mengingatkan kepada calon penumpang agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, serta memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan memanfaatkan momen penjualan tiket Lebaran ini.

Pilihlah metode pembelian tiket sesuai dengan kenyamanan saat proses pemesanan, serta menghindari pembelian tiket dengan bea tambahan yang tidak wajar.

"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi. KAI siap melayani pelanggan sebaik mungkin pada periode Lebaran 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman," katanya pula.
Baca juga: Penumpang KA arus balik meningkat di Daop 9 Jember
Baca juga: KA Tanjung Karang-Palembang angkut 1.100 penumpang pada H+3 Idul Fitri

Pewarta: Juraidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024