Serang (ANTARA) - RSUD Kota Serang telah menyiapkan tiga ruangan khusus bagi calon legislatif (caleg) yang mengalami depresi ringan pasca-Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin, di Serang, Banten, Kamis, mengatakan bahwa telah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Serang untuk menyiapkan ruangan khusus pascapemilu.

"Untuk RSUD Kota Serang sebenarnya belum memiliki poli kejiwaan, tapi saya sudah instruksikan kepada Kadinkes apabila stres ringan untuk dilayani saja dan ditangani dengan baik," katanya.
 
Nanang mengatakan RSUD Kota Serang telah menyiapkan tiga ruangan khusus untuk menangani petugas pemilu yang sakit karena kelelahan ataupun caleg yang mengalami stres ringan pascapemilu ini.
 
"Karena kita tidak memiliki poli untuk jiwa maka kita hanya menyiapkan tiga ruangan khusus untuk melakukan penangan bagi petugas pemilu yang sakit ataupun caleg yang mengalami stres ringan," katanya.
 
Nanang mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan monitoring secara langsung ke RSUD Kota Serang untuk memastikan kondisi pelayanan pascapemilu berjalan dengan baik.
 
"Kami telah monitoring langsung, dan dari kemarin pelayanan buka 24 jam termasuk di Puskesmas juga. Dan ada satu orang petuga KPPS yang dilakukan perawatan disini karena kelelahan," katanya.
 
Sementara itu, Direktur RSUD Kota Serang Muammar, mengatakan bahwa meski belum memiliki poli kejiwaan namun untuk penangan awal masih dapat di lakukan di RSUD Kota Serang.
 
"Kalau untuk penanganan awal untuk stres ringan insya Allah bisa, karena disini untuk dokter lengkap. Kalau pun sudah tidak bisa ditangani di sini kita akan bantu untuk melakukan rujukan," katanya.

Baca juga: KPU: Ada 2.325 tps alami salah konversi Formulir C. Hasil Pemilu 2024
Baca juga: Pj Bupati Tangerang berdukacita atas gugurnya petugas KPPS

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024