New York (ANTARA News) - George Soros, miliarder berusia 83 tahun, akan menikahi konsultan kesehatan dan pendidikan Tamiko Bolton pada Sabtu di kediaman mewahnya di sekitar New York.

Pasangan itu akan menggelar pesta tiga hari yang dimulai dengan makan malam pada Jumat, diikuti dengan resepsi di Museum Seni Modern di Manhattan untuk pembukaan pameran "Magritte: The Mystery of the Ordinary, 1926-1938" yang menampilkan karya-karya pelukis Belgia Rene Magritte.

Soros dan Bolton (42) berencana untuk mengucap sumpah setia dalam upacara kecil pada Sabtu pagi di Bedford, New York, kediaman yang dibeli Soros pada 2003 dari penulis "Jurassic Park" Michael Crichton.

Hakim federal Kimba Wood akan memimpin upacara non-denominasi yang dihadiri oleh keluarga kedua mempelai, termasuk lima anak Soros, kata sumber keluarga kepada Reuters.

Upacara pernikahan tersebut kemudian disusul resepsi pada Sabtu malam dengan lebih dari 500 orang tamu di sebuah pusat seni dekat Katonah.

Tetamu yang hadir dalam pesta pernikahan ini di antaranya Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dan beberapa pemimpin dunia seperti Presiden Estonia Hendrik Toomas Ilves, Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, serta Perdana Menteri Albania Edi Rama.

Selain itu juga akan hadir beberapa investor dunia seperti Paul Tudor Jones dan Julian Robertson. Dari dunia politik, akan hadir anggota parlemen AS Nancy Pelosi dari California, gubernur California Gavin Newson.

Soros yang mendirikan perusahaan lindung nilai pertama pada 1969 bertemu dengan Bolton pada sebuah pesta makan malam pada 2008. Mereka mengumumkan pertunangan pada Agustus 2012.

Bolton yang dibesarkan di California adalah anak seorang perawat dan pensiunan perwira angkatan laut. Ia lulus dari University of Utah dan meraih gelar MBA dari University of Miami.

Bolton bekerja sebagai konsultan bidang kesehatan dan pendidikan. Ia memulai pekerjaannya di perusahaan suplemen diet dan vitamin melalui internet. Proyek terakhirnya adalah konsultasi soal pendidikan yoga melalui internet.

Gaun pengantin perempuan dirancang oleh perancang AS kelahiran Lebanon Reem Acra, yang hasil karyanya sudah banyak dikenakan selebritis, termasuk Angelina Jolie dan Jennifer Lopez.

Bagi Soros, yang menurut majalah Forbes memiliki kekayaan senilai 20 miliar dolar AS, ini akan menjadi pernikahan ketiganya. Sedangkan bagi Bolton, akan menjadi pernikahan kedua.

Saat ditanya mengenai perjanjian pra-nikah, sumber di keluarga mengatakan pengacara Soros, William D. Zabel, mengatakan bahwa "Soros akan menyerahkan seluruh kediamannya untuk amal, namun ia juga akan bermurah hati untuk istrinya."

Pada 2011, Soros yang merupakan pendukung aktif prinsip-prinsip liberal dan rutin berbicara di ajang-ajang ekonomi dunia, mengubah perusahaan fund manajernya menjadi perusahaan keluarga dan tidak lagi mengendalikan uang untuk investor luar.

Dalam tiga dekade terakhir, Soros yang lahir di Hungaria itu menyumbangkan dana lebih dari 7 miliar dolar AS untuk mempromosikan demokrasi, kebebasan berbicara, meningkatkan pendidikan dan memerangi kemiskinan di dunia, demikian seperti dilansir laman yayasan miliknya www.opensocietyfoundations.org.

Soros bercerai dari Annaliese Witschak pada 1983 dan Susan Weber Soros pada 2005.

Chef Bo Bech dari Geist Restaurant di Kopenhagen akan mempersiapkan makanan untuk pesta tersebut. Soros dan Bolton pertama kali makan malam di Geist saat mengunjungi Kopenhagen pada 2009.

Resepsi pada malam Sabtu akan dihibur oleh penampilan komposer dan konduktor asal Hungaria Ivan Fischer, sahabat keluarga yang menciptakan aransemen baru untuk acara tersebut, yang akan dimainkan bersama Budapest Festival Orchestra.

Penyanyi Cape Verdean Mayra Andrade akan tampil bersama Harris Lane Orchestra. Andrade dan ansambel Roma, Via Romen akan tampil pada pesta hari Minggu.

Terkait hadiah perkawinan, pasangan itu mengatakan, hadiah akan disumbangkan termasuk untuk Global Witness, Harlem`s Children Zone, National Dance Institute, Planned Parenthood serta Roma Education Fund.

(Uu.SYS/C/S022/A/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013