Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bukares, Rumania, menyebutkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran unggul dalam perhitungan suara Pemilu Presiden 2024 di Bukares, Rumania.

"Total suara: 183 suara; paslon 1: 33 suara; paslon 2: 101 suara; paslon 3: 44 suara. Surat suara tidak sah: 5 suara," demikian menurut keterangan dari PPLN Bukares terkait jumlah suara di TPSLN 001 Bukares kepada ANTARA, Kamis.

Juru Bicara PPLN Bukares Febriani Amalina Shalihah sebelumnya pada Selasa (13/2) mengatakan bahwa PPLN Bukares melakukan pemungutan suara Pemilu 2024 melalui dua metode, yaitu metode Pos yang telah dilaksanakan sejak 11 Januari hingga 14 Februari 2024, dan melalui TPS yang diadakan pada 11 Februari 2024.

Adapun hasil perhitungan suara dengan metode Pos juga menunjukkan bahwa paslon nomor urut 2 unggul dengan 59 suara, disusul paslon nomor urut 3 dengan 29 suara dan paslon nomor urut 1 dengan 9 suara.

Sementara itu, Febri juga menyebutkan terdapat 315 pemilih yang termasuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di negara itu. Dari 315 pemilih tersebut, 187 di antaranya terdaftar sebagai pemilih TPS, dan 128 lainnya terdaftar sebagai pemilih Pos.

Selain itu, ada juga 71 orang yang hadir di TPS 001 Bukares termasuk sebagai pemilih tambahan (DPTb).

Febri menambahkan bahwa pemungutan suara yang berlangsung selama 10 jam pada 11 Februari 2024 berjalan kondusif meski terdapat antrean di antara pemilih tambahan yang hadir di dua jam terakhir kegiatan tersebut.

"Jadi, pada 2 jam terakhir tersebut ada antrean, namun antrean tidak terlalu panjang, dalam arti masih suasana kondusif," demikian katanya.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Baca juga: WNI di Rumania antusias ramaikan Pemilu 2024
Baca juga: Presiden berpesan para dubes pastikan pemilu di luar negeri berjalan aman

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024