Akreditasi unggul ini merupakan pengakuan atas komitmen UMB dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan tuntutan industri dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik) memberikan program studi (prodi) sarjana teknik sipil dan teknik elektro Universitas Mercu Buana (UMB) akreditasi unggul.

“Akreditasi unggul ini merupakan pengakuan atas komitmen UMB dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan tuntutan industri dan masyarakat,” kata Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng., dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Andi menuturkan program pascasarjana teknik elektro UMB pun turut meraih akreditasi baik sekali. Pemberian akreditasi tersebut menurutnya telah menegaskan bahwa prodi-prodi tersebut telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi, sehingga dapat memberikan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di pasar kerja yang kompetitif.

Ketiga akreditasi itu diberikan LAM Teknik melalui Surat Keputusan LAM Teknik No. 0168/SK/LAM Teknik/AS/IV/2024, No. 0169/SK/LAM Teknik/AS/IV/2024 dan No. 0170/SK/LAM Teknik/AM/IV/2024 yang ditandatangani Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik PII Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M. Tech., IPU., ASEAN. Eng., pada tanggal 21 April 2024.

Baca juga: UMB Jakarta peroleh dana hibah PHP2D dari Kemendikbudristek

LAM Teknik merupakan lembaga yang bertugas untuk melakukan proses akreditasi untuk program studi keteknikan di Indonesia. Akreditasi tersebut untuk menilai dan memastikan bahwa program studi atau institusi pendidikan tersebut memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dalam bidang teknik.

Dengan mendapatkan akreditasi dari LAM Teknik, program studi atau institusi pendidikan diakui memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam bidang teknik.

Sementara itu, Fakultas Teknik UMB memiliki sarana dan fasilitas penunjangnya berupa tiga puluh laboratorium, antara lain laboratorium uji bahan, mesin, pengerasan jalan, sejarah dan teori arsitek, komputasi, audit energi, elekrronika dasar, sistem ketenagaan, hidrolika, teknik bangunan dan arsitek kota, statistik dan pengendalian kualitas.

Kemudian ada material teknik, komputer dan simulasi, teknik telekomunikasi, fisika bangunan, perancangan arsitektur, mekanika tanah, supply chain system hingga proses manufaktur fakultas teknik. Fakultas teknik itu juga juga memiliki enam orang guru besar.

Baca juga: 50 PTS ikuti bimtek LAM Infokom di Untag Surabaya
Baca juga: Kompetisi Kontras 2019 UMB diikuti ratusan mahasiswa

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024