Rangkasbitung, Banten (ANTARA) —Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi (Milkom) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta didampingi para dosen mengadakan acara pengabdian masyarakat di Kabupaten Lebak, Banten dengan tajuk Social Volunteering (SV), Sabtu. 

Acara ini digelar di SMA Negeri 2 Rangkasbitung, oleh 175 peserta dari kelompok pelajar SLTA, dan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). 

Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Dr. Heri Budianto M.Si mengatakan, kegiatan social volunteering memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan masyarakat khususnya terkait dengan ketrampilan dan kecapakan komunikasi untuk menyikapi era digital saat ini. 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi khususnya pengabdian masyarakat. Para mahasiswa didampingi dosen akan menyampaikan materi-materi yang sangat relevan dengan kondisi kekinian dihadapi masyarakat dari berbagai kalangan tersebut” katanya.

Acara SV berupa seminar dan workshop ini diinisiasi oleh Milkom UMB sebagai bagian dari komitmen mereka dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya di wilayah Banten. 

Dengan tema "REUNITE", workshop dirancang untuk menyatukan berbagai elemen masyarakat dalam upaya menciptakan revolusi edukasi yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainability development goals (SDGs).

Ketua Panitia Acara, Bambang Dwiyanto, menyatakan, para mahasiswa sangat antusias menyelenggarakan workshop ini sebagai langkah nyata dalam mendukung pembangunan masyarakat di Kabupaten Lebak, Banten. 

“Kami percaya bahwa melalui kolaborasi antara kampus, sekolah, pelaku UMKM dan mitra seperti PLN, kita dapat menciptakan perubahan yang positif dalam dunia pendidikan dan pengembangan masyarakat,” ungkapnya.

Pada saat pembukaan kegiatan social volunteering tersebut juga ditandatangani naskah perjanjian kerja sama antara Fakultas Ilmu Komunikasi UMB dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak tentang Pengembangan, Pembinaan dan Pendampingan Program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dekan Fikom UMB Prof. Dr. Ahmad Mulyana, M.Si dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin, S.Hut, M.Si.

Selain itu juga diserahkan beasiswa dari UMB kepada siswa terbaik kelas XII SMA Negeri 2 Rangkasbitung, Ghina Aulia. 

Prof. Mulyana mengatakan bahwa UMB berkomitmen untuk terus meningkatkan perannya dalam pengembangan masyarakat khususnya di Kabuoaten Lebak yang memiliki potensi wisata andalan, di antaranya masyarakat adat Baduy.  

Sementara Imam mengatakan bahwa kehidupan masyarakat adat Baduy dengan kearifan lokalnya sangat diminati para wisatawan. “Pendampingan oleh perguruan tinggi seperti UMB ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam kesiapan menyambut wisatawan yang datang ke Kabupaten Lebak” pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024