Pemilu satu putaran berdampak positif kepada percepatan pemulihan kondisi pasar properti secara umum
Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti internasional Cushman & Wakefield mengungkapkan hasil sementara hitung cepat Pemilu 2024 satu putaran berdampak positif kepada percepatan pemulihan kondisi pasar properti secara umum.

"Pemilu satu putaran berdampak positif kepada percepatan pemulihan kondisi pasar properti secara umum," ujar Director of Strategic Consulting of Cushman & Wakefield Arief Rahardjo kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Baca juga: REI: Pemilu satu putaran beri kepastian bagi industri properti

Arief mengatakan, hasil pemilu satu putaran ini diharapkan dapat mengurangi suasana ketidakpastian iklim bisnis saat ini. Baik Pemerintah maupun Swasta dapat fokus kepada pemulihan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Walaupun prospek pasar properti tahun 2024 bergantung kepada kondisi keseimbangan antara pasokan dan permintaan di masing-masing pasar properti, akan tetapi secara umum dengan makin cepat pemulihan kondisi ekonomi maka berdampak positif kepada sisi permintaan dari pasar properti," katanya.

Ia juga menambahkan siapa pun yang akan resmi terpilih menjadi pemimpin baru diharapkan dapat menepati janjinya selama masa kampanye. Karena semua pasangan calon (paslon) selama kampanye sudah memberikan program yang menjamin rumah murah untuk masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: PSN kereta cepat membuka wilayah dan menggairahkan pasar properti

Sebagai informasi, pada Rabu 14 Februari 2024 telah dilaksanakan pemilu serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Pemilihan presiden dan wakil presiden RI 2024 diikuti oleh tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Hasil hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei termasuk dari Charta Politika Indonesia dan Lembaga Survei KedaiKOPI pada Rabu (14/2) menyatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024. Calon presiden dan wakil presiden RI baru akan dilantik pada Oktober 2024.

Baca juga: Kemenkumham NTB: WNA Korsel pakai KITAP palsu untuk berbisnis properti

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024